Menguak Risiko Galbay Pinjol, Diteror Debt Collector hingga Masuk Blacklist

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta, VIVA – Bukan rahasia lagi jika pinjaman online alias pinjol telah dianggap sebagai salah satu solusi masyarakat dalam mengatasi kebutuhan dana mendesak. Kemudahan akses, proses cepat, dan syarat yang tidak rumit, menjadikan pinjol pilihan bagi banyak orang. 

Tak hanya sebagai kebutuhan darurat, tetapi juga bisa sebagai modal usaha, hingga dana pendidikan. Sisi positifnya, pinjaman online bisa membantu jika Anda bisa menggunakannya secara bijak.

Namun, di balik manfaat serta kemudahannya itu, pinjaman online juga menyimpan risiko yang menyeramkan, terutama bila terjadi gagal bayar atau yang sering disebut galbay. Perlu diketahui, galbay pinjol mengacu pada kondisi di mana seseorang tidak mampu membayar pinjaman sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. 

Hal ini bisa memicu masalah serius, mulai dari bunga yang menumpuk hingga tekanan dari debt collector. Sebab itu, jika Anda mempertimbangkan menggunakan pinjaman online, penting juga untuk memahami risikonya.

Menguak Risiko Gagal Bayar Pinjol

Ilustrasi terjerat kredit macet.

Photo :
  • rumahku.com

Ada beberapa risiko gagal bayar pinjol yang bisa mengancam kondisi finansial Anda. Apa saja?

1. Bunga Menumpuk hingga Kena Denda Keterlambatan

Ketika Anda gagal membayar cicilan tepat waktu, bunga pinjaman akan terus bertambah. Selain bunga, Anda juga akan dikenakan denda keterlambatan yang bisa membuat jumlah utang yang harus dibayar semakin besar. Ini bisa menjadi beban keuangan yang berat dan sulit dikendalikan.

2. Utang Semakin Menggunung

Galbay dapat menyebabkan utang Anda semakin menumpuk. Setiap keterlambatan pembayaran tidak hanya menambah bunga, tetapi juga membuat total utang semakin besar. Hal ini membuat semakin sulit untuk melunasi pinjaman, dan Anda bisa terjebak dalam lingkaran utang.

3. Diteror Debt Collector

Salah satu risiko paling menakutkan dari gagal bayar pinjol adalah teror dari debt collector. Beberapa debt collector pinjaman online ilegal bahkan tidak segan-segan menggunakan ancaman atau intimidasi untuk menekan Anda agar segera membayar utang. Sebab itu, penting untuk menghindari pinjaman online ilegal dan mengetahui secara rinci tentang platform pinjaman yang hendak Anda ajukan.


4. Skor Kredit Buruk hingga Bisa Di-Blacklist

Gagal bayar juga dapat mempengaruhi skor kredit Anda. Skor kredit yang buruk akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan akses ke pinjaman atau produk keuangan lainnya di masa depan. Bahkan, dalam kasus yang parah, Anda bisa masuk ke dalam daftar blacklist yang bisa menyulitkan aktivitas perbankan Anda.

5. Kemungkinan Tindakan Hukum dari Pihak Peminjam

Jika Anda terus gagal membayar utang, ada kemungkinan pihak pemberi pinjaman akan mengambil tindakan hukum. Ini bisa berujung pada proses hukum yang memakan waktu dan biaya, serta membuat situasi semakin sulit.