Ardi Bakrie Beberkan Strategi BNBR Godok Calon Pemimpin Inovatif

[dok. Humas BNBR]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Wakil Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), A. Ardiansyah Bakrie, membeberkan strategi Bakrie Group mempersiapkan pemimpin-pemimpin yang mampu menjalin kolaborasi, inovasi, dan sinergi di grup perusahaan tersebut. 

Saat memberikan pembekalan kepemimpinan bagi para peserta Bakrie Middle Management Development Program (BMMDP) batch 8, Dia menegaskan bahwa seluruh karyawan di BNBR Group harus mampu berkolaborasi dan bersinergi antar unit. Sehingga, mereka akan mampu menghasilkan sesuatu yang inovatif dan berdampak secara signifikan bagi perusahaan.

"Kolaborasi, inovasi, dan sinergi ini tidak akan bisa terwujud, tanpa adanya kepemimpinan yang efektif. Dan untuk menjadi pemimpin yang efektif, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan," kata Ardi dalam keterangannya, Kamis, 19 September 2024.

Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Karenanya, Dia berharap BMMDP ini akan memunculkan para pemimpin yang resilient dan persistent di BNBR, utamanya dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks di masa depan. Sebab, BMMDP ini memang dirancang untuk membekali para manajer tengah (middle manager), dengan kompetensi kepemimpinan dan pengetahuan bisnis yang diperlukan untuk menjadi manajer yang efektif.

"Dengan keterampilan ini, diharapkan para peserta dapat berkontribusi secara maksimal. Terutama dalam meningkatkan kinerja departemen, divisi, dan perusahaan secara keseluruhan," ujar Ardi.

Dia menegaskan, program BMMDP ini merupakan bagian dari Bakrie Leadership Development Journey, yang merupakan sebuah rangkaian pelatihan pengembangan kepemimpinan di Bakrie Group kelolaan Bakrie Learning Center (BLC). Di jenjang pertama ada Bakrie Basic Management Development Program (BBMDP), yang diperuntukkan bagi staf atau karyawan lulusan perguruan tinggi dengan pengalaman kerja tidak lebih dari dua tahun.

BNBR.

Photo :
  • Dokumentasi BNBR.

“Pada tahap ini, peserta dibekali kemampuan self-leadership untuk menjadi individu yang efektif dalam bekerja, sebelum nantinya mampu memimpin orang lain," kata Ardi.

Di jenjang kedua, terdapat BMMDP di mana peserta dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam memimpin tim, serta berkolaborasi dengan tim lain demi mencapai tujuan organisasi. Di jenjang ketiga, ada Bakrie General Management Development Program (BGMDP) yang bertujuan mempertajam kompetensi peserta dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks. Pada jenjang ini peserta akan belajar bagaimana menjalankan kepemimpinan yang efektif dan melakukan perbaikan organisasional di berbagai bidang.

Di jenjang tertinggi, lanjut Ardi, terdapat Bakrie Executive Development Program (BEDP) yang bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mentransformasikan bisnis, di tengah perubahan fundamental yang terjadi di lingkungan bisnis Bakrie serta menjadi pemimpin yang visioner.

"Melalui program ini, peserta diharapkan mampu mengembangkan cara pandang yang berbeda dalam mengeksplorasi peluang bisnis baru, sambil tetap mengoptimalkan bisnis yang sudah berjalan," ujarnya.