Canangkan Fase 2, Jokowi: MRT Jakarta Merubah Wajah Transportasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Canangkan MRT Fase 2 di Thamrin
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pencanangan MRT Jakarta Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 di Proyek Stasiun MRT M. H. Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu, 11 September 2024. Menurut dia, MRT Fase 1 ini sudah mulai mengubah wajah transportasi di Jakarta sehingga perlu diperluas.

“Bulan Maret 2019, telah kita operasikan Fase 1 Utara-Selatan dari Lebak Bulus-HI. Kalau kita lihat sekarang, Utara-Selatan Fase 1 sudah mengubah wajah Jakarta, sudah mengubah wajah transportasi Jakarta dan negara kita Indonesia,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Kini, kata Jokowi, proyek MRT Jakarta ingin diperluas dan diperlebar jangkauan pembangunannya. Sehingga, hari ini moda MRT sedang dibangun untuk lintas Timur-Barat Fase 1 yaitu Medan Satria ke Tomang sepanjang 24,5 kilometer.

“Ini akan memberikan dukungan kepada Jakarta sebagai sebuah kota global, Jakarta sebagai sebuah kota aglomerasi dengan di sekitarnya, dan peradaban itu betul-betul peradaban tranportasi yang modern, betul-betul hadir setelah MRT itu nantinya selesai semuanya,” jelas dia.

Sejak operasi sampai sekarang, Jokowi menyebut MRT Jakarta Fase 1 Lebak Bulus-Hotel Indonesia sudah mengangkut memberikan pelayanan kepada 120 juta penumpang. Menurut dia, itu jumalh yang tidak kecil.

“Sekarang masih dalam proses pembangunan di Fase 2A Utara-Selatan dari HI sampai Kota. Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini saya canangkan pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase 1 tahap 1,” pungkasnya.