LIVE Breaking News: Jokowi Sampaikan Pidato Nota Keuangan RAPBN Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato Sidang Tahunan MPR 2024
Sumber :
  • TV Parlemen

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menyampaikan pidato nota keuangan pengantar Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 di gedung DPR/MPR hari ini, Jumat, 16 Agustus 2024. 

Dalam nota keuangan ini akan dibacakan asumsi makro seperti target pertumbuhan ekonomi, inflasi, nilai tukar rupiah, suku bunga SBN, harga minyak mentah Indonesia, lifting minyak hingga lifting gas sebagai dasar penyusunan target pendapatan dan belanja di tahun depan. Target pendapatan hingga pajak juga akan disampaikan oleh Presiden Jokowi. 

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan ekonomi Indonesia ditargetkan tumbuh sebesar 5,1 persen hingga 5,5 persen pada 2025 dalam kerangka kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM PPKF) 2025. Target ini dipasang untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 

"Pemerintah mengusulkan kisaran indikator ekonomi makro yang digunakan sebagai asumsi dasar penyusunan RAPBN 2025," ujar Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI, Senin, 20 Mei 2024. 

Simak Live Streaming Pidato Nota Keuangan Presiden Jokowi di bawah Ini