Ubah Karung Jadi Artwear di JFC 2024, Pupuk Indonesia Dorong UMKM Perluas Pasar Internasional

UMKM Pupuk Indonesia di Jember Festival 2024.
Sumber :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

Jember, VIVA – PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama dengan Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI) ikut meramaikan Jember Fashion Carnaval (JFC) 2024. Karung pupuk pun disulap menjadi kostum yang menarik.

Dalam gelaran tersebut di Jember, kemarin, 22 artwear berbahan kantong pupuk ditampilkan. Pagelaran ini menjadi upaya Perusahaan mengenalkan karya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pupuk Indonesia Grup di kancah nasional maupun internasional.

Ketua PIKA-PI Group, Tata Rahmad Pribadi menyampaikan bahwa, Pupuk Indonesia bersama PIKA-PI mendorong UMKM binaan, khususnya yang bergerak di bidang wastra (kain tradisional yang sarat akan makna budaya nusantara) untuk naik kasta dan go internasional. Salah satu upayanya dengan aktif mengikuti event-event level internasional, seperti JFC yang sudah berlangsung selama lebih dari dua dekade ini.
 
“Kami melihat produk UMKM binaan Pupuk Indonesia bagus-bagus, dan berpotensi untuk tampil di ajang nasional maupun internasional. Keikutsertaan di JFC 2024 merupakan upaya kami bersama untuk mendorong UMKM perluasan pasar mereka. Kita tahu jika JFC merupakan salah satu ikon Indonesia di dunia internasional dan masuk dalam “Top 10” event unggulan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kemenparekraf RI,” ujar Tata, dikutip dari keterangannya, Minggu, 4 Agustus 2024.

Dia menambahkan, seluruh artwear yang dipamerkan nanti 30 persen bahannya menggunakan karung pupuk dari produk-produk Pupuk Indonesia Grup. Secara simbolis penggunaan bahan baku tersebut sekaligus merupakan bentuk dukungan terhadap keberlanjutan industri pertanian. Adapun, seluruh artwear bekerja sama dengan dua desainer terkemuka yakni Temma Prasetio dan Maya Ratih.

Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Antara/Rosa Panggabean.

Lebih lanjut Tata menjelaskan, keiikutsertaan Pupuk Indonesia menampilkan 22 artwear di Jember Fashion Carnaval menjadi upaya Perusahaan menuju perhelatan yang lebih bergengsi, yakni Jakarta Fashion Week (JFW) 2025. Sebelumnya Pupuk Indonesia juga memperkenalkan produk UMKM binaan melalui Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024.

Dia menegaskan, kemitraan antara Pupuk Indonesia dengan UMKM ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem yang berkelanjutan serta meningkatkan perekonomian serta kemandirian para pelaku UMKM khususnya perempuan.

Pupuk Indonesia.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Indonesia.

“Kami percaya bahwa setiap karya yang dihasilkan oleh UMKM memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif. Karya-karya yang ditampilkan ini mencerminkan keberagaman budaya, tradisi, dan kreativitas yang melebur menjadi koleksi luar biasa dari para desainer dan pengrajin UMKM di Indonesia,” tutup Tata.

Selain peserta dari dalam negeri, dalam JFC 2024 turut hadir 136 peserta dari Jepang yang berpartisipasi secara sukarela. Selain kesenian, Jepang juga akan menampilkan kembang api tradisionalnya. Selain itu, mereka juga ingin belajar soal budaya hingga kuliner Jember untuk dibawa ke Jepang.