Bantu Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, PTPN Group Sabet Penghargaan

Holding Perkebunan (PTPN Group) sabet penghargaan 'The Most Promising Company in Strategic Marketing' pada ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards (BEMA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Perusahaan BUMN Holding Perkebunan (PTPN Group) meraih penghargaan sebagai 'The Most Promising Company in Strategic Marketing' pada ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards (BEMA) 2024. Penghargaan ini diperoleh salah satunya berkat invosi perusahaan dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng pada 2022 lalu.

Founder & Chair of MCorp, Hermawan Kartajaya mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap inovasi strategi pemasaran yang diterapkan oleh PTPN Group serta komitmennya dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

“Penghargaan ini kita selenggarakan setiap tahun dan menjadi lebih kredibel karena juri yang menilai bukan hanya dari kalangan BUMN, namun dari kalangan penggiat dan praktisi marketing, sehingga penghargaan ini bisa merepresentasikan penilaian masyarakat luas terhadap BUMN,” kata Hermawan dalam keterangannya Jumat, 17 Mei 2024.

Minyak kelapa sawit (CPO). (Ilustrasi)

Photo :
  • R Jihad Akbar/VIVAnews.

Adapun PTPN Group mendapatkan penghargaan dalam strategic marketing karena inovasinya di dalam aktivitas pemasaran perusahaan. Dalam beberapa tahun terakhir, PTPN Group telah mengimplementasikan berbagai inovasi pemasaran yang signifikan, antara lain:

1. Strategi Sales and Operation Planning (S&OP): Dilaksanakan untuk memastikan produksi sesuai dengan tren permintaan pasar. Dengan menerapkan S&OP, PTPN Group mampu merencanakan produksi secara lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat waktu dan jumlah yang sesuai.

2. Penerapan Just-in-Time Strategy: Digunakan untuk mendukung kesehatan inventori. Strategi ini memungkinkan PTPN Group mengelola persediaan dengan lebih baik, mengurangi biaya penyimpanan, dan meminimalkan risiko kelebihan atau kekurangan stok.

3. Pengembangan industri hilir: Dilakukan untuk memastikan ketahanan pangan nasional. PTPN Group fokus pada produksi minyak kelapa sawit dan gula, dua komoditas yang menjadi bagian dari kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Selain itu, PTPN Group juga memiliki produk hilir teh, kopi, dan beberapa produk lainnya. Dengan mengembangkan industri hilir, PTPN Group tidak hanya meningkatkan nilai tambah produknya tetapi juga berkontribusi pada stabilitas pasokan pangan nasional. 

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasaran PTPN Group, Heru Prabowo mengatakan setelah kejadian kelangkaan minyak goreng pada akhir tahun 2022. PTPN Group mengambil langkah proaktif dengan melakukan inovasi signifikan dalam industri retail minyak goreng. 

"Sejak pertengahan 2022 hingga saat ini, PTPN Group berhasil meningkatkan jumlah distributornya dari 14 menjadi 128, sehingga mampu memperluas jangkauan distribusi produknya ke seluruh Indonesia," jelasnya.

Dia menuturkan, produk Minyak Goreng Sawit Nusakita telah berhasil masuk ke jaringan ritel nasional Alfamart, menjadikannya produk BUMN pertama yang berhasil masuk ke jaringan modern trade nasional. Hal ini merupakan pencapaian besar bagi PTPN Group, menunjukkan kualitas dan daya saing produknya di pasar nasional.

Menteri BUMN Erick Thohir tinjau penyaluran minyak goreng murah dari Holding BUMN PTPN.

Photo :
  • BUMN

Heru menegaskan, PTPN Group berkomitmen untuk terus menjaga kualitas produk retailnya melalui brand nusakita dengan tagline 'Dari Bumi Sendiri'. Produk retail PTPN Group ditanam dan dirawat oleh pegawai PTPN dengan baik, diolah oleh tenaga profesional, hingga siap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Dia memastikan, seluruh produk retail PTPN Group adalah 100 persen produk dalam negeri, yang mencerminkan komitmen perusahaan terhadap produk-produk lokal berkualitas tinggi.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi tim kami. Fokus kami selalu untuk tidak hanya memenuhi, tetapi melampaui ekspektasi konsumen melalui kualitas, keandalan, dan keberlanjutan. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan menawarkan produk berkualitas agar dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan ekonomi nasional,” imbuhnya.