Menhub Minta Penghapusan Pajak Suku Cadang Pesawat, Segera Temui Sri Mulyani

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang dengan petugas inspektorat Kemenhub yang sedang memeriksa ruang kemudi pilot saat melakukan sidak kelaikan terbang pesawat Lion Air jenis Boing 737 Max 8 yang akan terbang dibandara Soekarno Hatta,
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Jakarta Menteri Perhubungan (MenhubBudi Karya Sumadi, berjanji bakal memperjuangkan penghapusan pajak suku cadang bagi pesawat terbang, yang didatangkan dari luar negeri.

Dia menyebut, apabila pajak suku cadang itu dihapuskan, maka hal itu akan mampu menekan biaya operasional maskapai. Harapannya, hal itu juga akan berdampak pada harga tiket pesawat, yang berkemungkinan turun seiring berkurangnya biaya operasional maskapai tersebut. Karenanya, Menhub mengaku akan segera menemui Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, untuk meminta penghapusan pajak suku cadang pesawat yang didatangkan dari luar negeri tersebut.

"Kita akan minta (penghapusan pajak suku cadang), dan saya akan sowan ke Bu Menkeu untuk menyampaikan bahwa pajak dari suku cadang itu dampaknya besar banget," kata Budi Karya di acara 53rd INACA Annual General Meeting, di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis, 2 November 2023.

Sejumlah teknisi memeriksa beberapa bagian pesawat di bengkel Merpati, Surabaya.

Photo :
  • ANTARA/Eric Ireng

Selain memangkas biaya operasional maskapai penerbangan, langkah penghapusan pajak suku cadang tersebut juga dilakukan untuk mendukung Maintenance, Repair, and overhaul (MRO) di dalam negeri.

"Kesempatan itu bisa kita lakukan, dan itu menjadi daya saing kita untuk MRO berkurang. Kita bayangkan yang namanya MRO bukan untuk Indonesia saja. Tapi kalau masuk ke sini, suku cadangnya kena pajak, dan itu lah yang terjadi," ujar Menhub.

Budi Karya menegaskan, tantangan yang dihadapi industri penerbangan saat ini antara lain yakni terbatasnya jumlah armada pesawat, terbatasnya suku cadang, hingga tingginya harga avtur.

Sehingga, apabila pajak suku cadang pesawat itu bisa dihapuskan, maka hal itu akan mampu membantu para maskapai penerbangan untuk memangkas biaya operasionalnya, sekaligus menghilangkan sebagian hambatan yang mereka hadapi.

"Karena (dalam bisnis penerbangan) kita juga tahu bahwa dolar AS, avtur, suku cadang, itu merupakan suatu hambatan-hambatan," ujarnya.