Pelni Prediksi Penumpang Naik 125 Persen di Lebaran Tahun Ini
- PT PELNI
VIVA Bisnis – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni memprediksi jumlah penumpang di masa angkutan Lebaran 1444 H bisa mencapai 604.183 penumpang. Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani menjelaskan, jumlah tersebut naik 125 persen dibandingkan realisasi jumlah penumpang pada periode yang sama, yaitu pada H-15 hingga H+15 lebaran.
"Dari 604.183 penumpang, terdiri dari 511.705 pemudik menggunakan kapal penumpang dan 92.478 pemudik dengan kapal perintis," kata Tri dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 27 Maret 2023.
Sementara operasi angkutan Lebaran kapal Pelni dimulai pada 7 April 2023 (H-15), dan berakhir pada 8 Mei 2023 (H+15). "Seluruh armada Pelni telah siap untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia pada mudik Lebaran 2023 ini," ujarnya.
Wanita yang akrab disapa Anda ini menambahkan, untuk angkutan laut, PT Pelni memperkirakan bahwa puncak arus mudik terjadi pada tanggal 17 April (H-5), dengan prediksi jumlah penumpang sebanyak 27.302 orang. Sementara perkiraan arus balik yakni pada 29 April (H+6), dengan prediksi jumlah penumpang sebanyak 25.623 orang penumpang.
Dia mengaku, Pelni sendiri telah menyiapkan sebanyak 26 armada kapal penumpang dan 42 kapal perintis, yang siap melayani angkutan lebaran 1444 H. Di samping itu, Pelni juga menyiapkan 48.539 seat, yang terdiri sebanyak 32.447 seat di kapal penumpang dan 16.092 seat pada kapal perintis.
Pada arus mudik tahun ini, lanjut Tri, pihaknya juga telah memprediksi beberapa pelabuhan keberangkatan padat penumpang. Yakni meliputi Makassar, Surabaya, Balikpapan, Ambon dan Bau-Bau. Sedangkan untuk pelabuhan kedatangan padat penumpang meliputi Surabaya, Makassar, Bau-Bau, Ambon dan Belawan.
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Dia memastikan bahwa PT Pelni juga telah mengajukan izin untuk penyesuaian rute dan jadwal kapal, kepada Kementerian perhubungan selaku regulator.
"Kami juga ingin mengingatkan kepada calon pelanggan kami untuk memanfaatkan aplikasi PELNI Mobile untuk membeli tiket jauh-jauh hari dan melaporkan apabila melihat dan mengalami tindakan percaloan, agar segera kami tindak tegas," ujarnya.
Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan kapal PELNI dapat mengakses akun media sosial PELNI @Pelni162 atau website resmi Perusahaan www.pelni.co.id. Pelanggan dapat menghubungi Call Center PELNI 162 atau melalui layanan WhatssApp di nomor 0811-162-1-162. Call center PELNI siap melayani kebutuhan seluruh pengguna jasa kapal PELNI dan dapat dihubungi 24 jam.