LMAN Catat Pengadaan Lahan PSN Capai Rp6,2 T Selama 2022

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mencatat, nilai pengadaan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Januari hingga 17 Juni 2022 sudah terealisasi sebesar Rp6,276 triliun. 

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi mengungkapkan, untuk pendanaan diberikan kepada proyek jalan tol, sumber daya air, kereta api, pelabuhan, dan sebagainya. Realisasi terbesar adalah pada proyek jalan tol. 

"Realisasi terbesar tetap ada di jalan tol Rp4,04 triliun. Kemudian disusul dari sumber daya air Rp1,9 triliun, selebihnya terbagi ada kereta api, pelabuhan," ujar Basuki pada Media Briefing di Jakarta, Jumat, 24 Juni 2022.

Sedangkan secara keseluruhan terhitung sejak 2016, pendanaan pengadaan lahan telah mencapai Rp95,9 triliun. Basuki mengatakan, ralisasi pendanaan lahan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan terus di dorong  untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur PSN.

"LMAN memastikan seluruh prosesnya dilaksanakan sesuai tata kelola. Sehingga bukan hanya cepat, melainkan tepat," jelasnya.

Sejumlah truk melintasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 8 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan bahwa untuk realisasi proyek jalan tol tertinggi adalah ruas Yogyakarta-Solo-New Yogyakarta International Airport Kulonprogo, dengan angka Rp792,50 miliar. Diikuti oleh Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sejumlah  Rp741,73 miliar.

Sedangkan untuk proyek non jalan tol, Bendungan Margatiga di Provinsi Lampung merupakan proyek dengan realisasi pendanaan lahan tertinggi. Nilainya yang mencapai Rp608,99 miliar dan disusul oleh Bendungan Bener, Jawa Tengah, sejumlah Rp436,95 miliar.