IHSG Berpotensi Menguat Hari Ini, Intip Pendorongnya

Pergerakan IHSG beberapa waktu lalu saat di kisaran 6.200-an (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 6 poin atau 0,11 persen di level 6.106 pada pembukaan perdagangan Kamis 26 Agustus 2021.

Meski demikian, Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG dapat melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya indeks sektor kesehatan dan indeks sektor industrial memimpin penguatan sektoral," kata Lanjar dalam riset hariannya, Kamis, 26 Agustus 2021.

Lanjar menjelaskan, salah satu faktor bagi IHSG melanjutkan penguatannya yakni karena menurunnya kekhawatiran investor terhadap dampak dari taper tantrum. Setelah Bank Indonesia cukup siap menghadapai capital outflow dalam menyeimbangkan nilai tukar.

Baca juga: Hapenas 2021, BTN Gelar Akad KPR Massal 7.500 Debitur

Secara global, Bursa Asia bersiap untuk pergerakan terkonsolidasi hari ini. Karena investor menunggu petunjuk lebih lanjut tentang prospek peraturan di Tiongkok, dan indikasi pengurangan stimulus The Fed pada akhir pekan.

Secara teknikal, pergerakan IHSG menguat tertahan menguji kembali moving average 20 hari di kisaran level 6.110 sebagai konfirmasi penguatan lanjutan. Bertahannya IHSG di atas level 6.100 secara psikologis berpotensi membuat dorongan positif akan uptrend jangka menengah, yang terbentuk pascaberhasil whipsaw di level support MA200. 

Indikator stochastic dan RSI memberikan sinyal bullish momentum dan Indikator MACD bergerak terkonsolidasi positif.

"Sehingga kami perkirakan IHSG dapat melanjutkan penguatannya dengan support-resistance 6.070-6.156," ujarnya.

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni AALI, ADHI, AGII, ANTM, ADRO, HMSP, INCO, MIKA, UNTR, WIKA, WSKT.