FedEx Komitmen Bantu Akses Dagang UKM ke Pasar Internasional

FedEx
Sumber :
  • Fortune

VIVA – FedEx Express, salah satu perusahaan penyedia layanan transportasi ekspres terbesar di dunia, telah menandai 36 tahun kehadirannya di Indonesia pada bulan lalu. FedEx menyatakan terus memperkuat kegiatan operasionalnya, dan berfokus untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) lokal melalui peningkatan layanan dan jaringan.

Audrey Cheong, Vice President for Operations, FedEx Express Southeast Asia, mengatakan FedEx tetap berkomitmen mendukung anggota tim dan para pelanggan, terutama di masa-masa sulit pandemi ini.  FedEx menunjukkan komitmen untuk mendukung UKM dengan terus berinovasi dalam layanan dan perangkat yang ditawarkan kepada pelanggan di Indonesia dan di seluruh dunia. 

"Bukan rahasia lagi bahwa bisnis di seluruh dunia, khususnya yang berskala kecil dan menengah, terkena dampak pandemi yang sedang berlangsung saat ini. Kami akan terus berupaya untuk memberikan UKM Indonesia akses ke pasar internasional di seluruh dunia, apalagi dengan berkurangnya hambatan perdagangan lintas batas akibat meningkatnya digitalisasi dan perdagangan e-commerce yang berkembang pesat," kata Audrey Cheong dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat 13 Agustus 2021. 

Diutarakannya, FedEx memberikan UKM solusi yang tepat untuk dapat membawa produknya ke pasar global sehingga mereka tetap dapat kompetitif. Solusi ini akan memberikan keuntungan yang dapat membantu UKM memulihkan bisnisnya kembali.

Melalui FedEx, UKM Indonesia dapat mengakses lebih dari 220 negara dan wilayah yang meliputi lebih dari 99 persen Produk Domestik Bruto dunia.

FedEx telah meningkatkan kapasitas penyortirannya menjadi 6.000 paket per jam. 
Gerbang di Jakarta juga telah diperbaharui juga menyediakan penyimpanan dingin dengan kapasitas suhu -20°C, 0-8°C, dan 15-25°C, yang membuat FedEx siap untuk mengirimkan vaksin dan berbagai kebutuhan kesehatan lainnya.

Per Desember 2020, terdapat 3,8 juta UKM di Indonesia yang telah memperluas jangkauan pasar mereka dengan beralih ke digital guna memulihkan kembali bisnisnya. Saat ini, total ekspor UKM mencapai 14,37 persen dari keseluruhan ekspor negara, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 15,12 persen di akhir tahun 2021. 

Untuk memenuhi peningkatan volume ekspor kedepannya, dan memastikan kenyamanan pelanggan, FedEx meluncurkan 69 pusat pelayanan resmi di seluruh Indonesia, sehingga UKM dari berbagai daerah berbeda di Indonesia memiliki akses yang mudah ke perangkat dan layanan FedEx. Melalui inisiatif ini, ekspansi global menjadi sangat mungkin dilakukan oleh UKM Indonesia.