Usai IPO, Persaingan Uber dan Lyft Berlanjut
- wartaekonomi
Jatuhnya saham dengan cepat menimbulkan sejumlah masalah yang jauh lebih besar. Kehilangan miliaran dolar di pasar kapitalisasi belumlah akhir dari badai bagi perusahaan ride-hailing tersebut. Pasalnya IPO-nya justru diikuti oleh beberapa gugatan dari sejumlah investor, yang paling baru diajukan pada Jumat oleh firma hukum Block & Leviton yang berbasis di Boston.
Salah satu tuduhan utama adalah bahwa Lyft salah mewakili pangsa pasarnya dalam IPO yang dilakukan akhir Maret lalu.
Lyft mengklaim, dalam pengarsipan S-1 ia memiliki 39% pasar AS pada Desember 2018, naik dari 22% di Desember 2016. Data tersebut berasal dari Rakuten Intelligence—anak perusahaan pemegang saham pra-IPO terbesar Lyft, Rakuten. Pertumbuhan tersebut lantas dipertanyakan ketika pesaingnya, mengklaim, dalam pengajuan IPO-nya, memiliki sekitar 65% pangsa pasar AS dan Kanada.
Penyedia analisis pembelian kartu kredit, Second Measure dan Earnest Research berpendapat bahwa pangsa pasar domestik Lyft sekitar 30%. Dalam catatan untuk kliennya, analis Guggenheim memperkirakan pangsa pasar Uber sekitar 55%, lebih besar dari Lyft dalam perbandingan metrik, seperti pemesanan, perjalanan, dan pendapatan.
Jadi, ketika berbicara tentang pangsa pasar, apakah Lyft mengalahkan Uber atau lebih besar dari yang terungkap?
"Kebenarannya mungkin di (angka) tengahnya," kata analis PitchBook Emerging Tech, Asad Hussain, yang meliput industri secara mendalam dalam laporan teknologi mobilitas terbarunya. "Angka yang tepat tidak begitu penting. Titik fokus bagi investor adalah Lyft mendapatkan saham di dalam negeri lebih besar dari Uber."
Ketika membandingkan Uber dan Lyft, yang lebih penting daripada pangsa pasar ride-hailing, menurut Hussain, adalah total pasar addressable.
Uber menghabiskan sebagian besar dari pengarsipan S-1-nya tentang TAM, menekankan bahwa pasarnya jauh berbeda dari Lyft. Tidak seperti Lyft, yang berfokus pada ride-hailing AS (plus penyewaan sepeda dan skuter), Uber adalah platform global yang juga melayani pesan-antar makanan dan kargo.
Uber mematok pasar untuk Uber Eats sebesar US$795 miliar, jumlah yang dihabiskan orang untuk makan di restoran, mulai dari pengiriman, take out, dan drive-through di seluruh dunia pada 2017, kata Euromonitor International.
"Pasar pengiriman rumah, yang menyumbang US$161 miliar, tumbuh 77% yoy sejak 2013, secara signifikan lebih cepat daripada tingkat pertumbuhan pasar layanan makanan konsumen, yang tumbuh 5% pada periode yang sama," perusahaan menambahkan dalam S-1-nya.
Mengenai bisnis kargo, Uber menempatkan pasar itu sebesar US$700 miliar di AS—jumlah yang dihabiskan untuk angkutan truk AS pada 2017, menurut American Trucking Associations—dan hingga US$3,8 triliun berbasis global.
Dalam S-1-nya Uber berkata, "Kami percaya pasar bisnis logistik berubah ke konsep on-demand, sebagaimana dibuktikan segmen broker yang tumbuh lebih dari 11?ri 1995 hingga 2017. Kami percaya kami melakukan penetrasi kurang dari 0,1?ri pasar US$700 miliar ini karena pesanan Uber Freight kami senilai US$359 juta untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2018."
Pada Maret, perusahaan mengumumkan perluasan Uber Freight ke Eropa, yang diperkirakan memiliki pasar pengiriman US$600 miliar. Semua mengatakan bahwa hal itu cukup untuk menunjukkan perbandingan Uber vs Lyft tidak sebersih reputasi mereka seperti yang ditunjukkan oleh pesaingnya.
"Jelas, ini adalah pasar yang sangat besar," kata Hussain, "dan dalam jangka panjang, Uber bisa mencapai posisi lebih baik melalui kedua (layanan) tersebut karena merupakan permainan platform pada pasar layanan global."
Saham Uber (-10%) dan Lyft (-22%) berada di posisi merah sejak IPO mereka, sebuah tanda yang harus banyak dibuktikan karena berkaitan dengan kinerja mereka—dan komunikasi seputar kinerja itu. Pemahaman yang jelas tentang persamaan utama, dan mungkin yang lebih penting, perbedaan inti antara penawaran dan pasar perusahaan akan sangat penting untuk membandingkan secara adil di tengah-tengah tuntutan hukum, laporan pendapatan, dan apa pun yang ada di Wall Street.