Airlangga Yakin Elektabilitas Golkar Bisa 16 Persen di 2019

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA – Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto optimistis elektabilitas partai yang baru dia pimpin itu akan terus meningkat. Secara nasional, dikatakan Menteri Perindustrian itu, elektabilitas Golkar sudah naik cukup signifikan

"Survei terakhir menyebutkan [elektabilitas] kami sudah kembali ke 12 persen. Kami bersyukur atas hasil tersebut. Insya Allah, kami dapat meraih sekitar 16 persen di Pemilu 2019," ujar Airlangga ketika memberikan SK kepada para bakal calon kepala daerah yang akan maju ke Pilkada 2018 di Kantor DPP Golkar, Jumat 5 Januari 2018.

Airlangga meyakini bila semua semua kader Golkar baik di pusat maupun di daerah akan bergerak dan bekerja. Angka 16 persen menurut dia dapat dicapai dengan mulus. Dengan 16 persen ini, jika dikonversikan maka setidaknya akan mengantarkan Golkar memiliki 110 kursi di DPR pada tahun 2019.

Saat ini Golkar memiliki 90 kursi di DPR. Padahal selama periode Ketua Umum Setya Novanto, elektabilitas Golkar turun menjadi 10 persen.

Dari 171 wilayah Pilkada serentak tahun 2018, Golkar ikut dalam di 17 pilgub, 115 pilkada kabupaten dan 39 pilkada kota. Airlangga yakin para calon yang diusung partainya itu akan mampu meningkatkan elektabilitas Golkar. (ren)