Menteri Airlangga Setuju AMPI Jangan Terlalu Urus Politik

Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) seharusnya tidak terlalu banyak mengurusi politik. Dia lebih setuju jika organisasi sayap Partai Golkar itu lebih fokus pada soal-soal sosial misalnya dalam penciptaan lapangan kerja.

"Saya sangat setuju dengan arah pengembangan AMPI dimana 70 persen pada pengembangan minat bakat dan profesionalitas dan setelah itu 30 persen pada pendidikan politik kebangsaan," kata Airlangga dalam siaran persnya, Rabu, 21 Desember 2016.

Sebagai organisasi masyarakat yang sudah 38 tahun berdiri dengan pengurus yang tersebar dari tingkatan provinsi hingga kabupaten, AMPI digadang sebagai salah satu ormas kepemudaan yang mampu berkontribusi secara nyata untuk membantu program pemerintah.

"Kami sangat mendukung komitmen dan keseriusan pemerintah, khususnya pada Kementrian Perindustrian untuk meningkatkan perkembangan SDM sebagai sarana utama peningkatan laju industri negara kita ke depannya," kata Ketua Umum AMPI, Dito Ariotedjo.

AMPI juga akan mempersiapkan berbagai kerjasama dengan Kemenperin berupa pelatihan teknis dan profesional bagi para kadernya. Tujuannya agar mereka siap menghadapi dunia kerja.

"Kedepannya, kami akan menggagas kerjasama pelatihan mekanik motor roda dua, pelatihan manajemen usaha perbengkelan dan akses penyertaan modal usaha dengan Kemenperin," tutur Bendahara Umum AMPI, Heru Sambodo.

(ren)