DPR Baru Gelar Rapat dengan Para Menteri Prabowo Pekan Depan

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengungkapkan bahwa alat kelengkapan dewan atau AKD di dewan baru efektif menggelar rapat-rapat dengan para menteri dan pimpinan lembaga Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, pada pekan depan. Sebab, 13 komisi dan 7 badan di DPR akan melakukan rapat internal setelah penetapan pimpinan dan anggota di masing-masing komisi.

"Ya kan setelah penetapan di komisi juga setelah pengumuman di kabinet itu harus ada mekanisme internal di DPR RI ini di komisi-komisi. Jadi kemungkinan baru akan ada rapat-rapat minggu depan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2024. 

Puan juga memastikan, semua pimpinan komisi dan badan sudah ditetapkan dalam rapat paripurna. Nama-nama berasal dari 8 fraksi di DPR yang disepakati secara musyawarah dalam rapat konsultasi antara pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi di DPR sebelumnya.

"Menetapkan pimpinan-pimpinan komisinya dari setiap fraksi yang sudah ditetapkan secara musyawarah dengan mufakat dan disetujui dalam rapat konsultasi, rapat pimpinan dan rapat konsultasi sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR," jelas Ketua DPP PDIP itu.

Lebih lanjut, Puan juga optimistis AKD DPR akan bekerja optimal setelah ada penambahan dua komisi, yakni Komisi XII dan Komisi XIII serta Badan Aspirasi Masyarakat (BAM). 

Menurut mantan Menko PMK itu mengatakan, semua komisi DPR dan badan akan bersinergi positif dengan mitra kerja dari pemerintahan Prabowo-Gibran untuk memajukan Indonesia.

"Kita akan bekerja sebaik-baiknya bersama-sama dengan eksekutif untuk bangsa dan negara," kata Puan.