Singgung Korupsi, Prabowo: Semua Pejabat Harus Bersih!

Pidato Presiden Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Presiden RI, Prabowo Subianto mengatakan pihaknya akan menghadapi dan memberantas praktik korupsi yang masih marak terjadi di Indonesia. Salah satu caranya dengan melakukan perbaikan sistem dan penegakkan hukum yang tegas.

Hal itu diungkap Prabowo saat menyampaikan pidato awal usai dilantik menjadi Presiden RI di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Oktober 2024.

Pidato Presiden Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

"Saya sudah katakan, kita harus berani menghadapi dan memberantas korupsi dengan perbaikan sistem, dengan penegakkan hukum yang tegas, dengan digitalisasi," kata Prabowo dalam pidatonya.

"Insyaallah, kita akan kurangi korupsi dengan signifikan," sambungnya. 

Prabowo mengatakan, pemberantasan korupsi bisa dimulai dari para pejabat hingga pemimpin lembaga yang memberikan contoh menjalankan kepemimpinan dengan bersih. 

"Tapi ini harus kita lakukan, seluruh unsur pimpinan harus memberi contoh ingarso sing tulodo. Saudara-saudara sekalian, ada pepatah yang mengatakan, kalau ikan menjadi busuk, busuknya dimulai dari kepala," ungkap dia.

"Semua pejabat, dari semua eselon, dan semua tingkatan harus memberi contoh untuk menjalankan kepemimpinan pemerintahan yang sebersih-bersihnya. Mulai dengan contoh dari atas dan sesudah itu penegakan hukum yang tegas dan keras," jelas Prabowo.