Muhadjir: Pak Jokowi Banyak Mendengarkan Menteri, Pemimpin yang Mau Merendah

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy
Sumber :
  • Kementerian Ketenagakerjaan

Jakarta, VIVA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan sosok yang banyak mendengarkan dibanding memberikan arahan kepada menteri-menterinya.

Hal itu disampaikan Muhadjir usai menghadiri jamuan makan siang Jokowi jelang lengser sebagai Presiden RI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Oktober 2024. 

"Beliau ini seorang belajar, dia tidak banyak memberikan arahan kepada pembantunya, justru banyak mendengarkan, bahkan beliau mencatat," kata Muhadjir kepada wartawan.

Presiden RI Joko Widodo menanam dua pohon di lingkungan Istana Negara jelang lengser (sumber: instagram @jokowi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Bahkan, menurut Muhadjir, Jokowi tak malu untuk bertanya kembali jika hal-hal yang disampaikan menterinya kurang jelas.

"Bahkan kalau ada yang kurang jelas beliau menanyakan kembali. Ini saya kira contoh yang baik, pemimpin yang mau merendah untuk menanyakan kepada pembantunya itu tidak mudah," katanya.

Muhadjir kemudian mengaku senang dan terhormat bisa mendampingi Jokowi selama hampir 10 tahun. Dia mengaku banyak belajar dari sosok Jokowi.

"Saya kan sudah hampir sepuluh tahun mendampingi beliau dan saya sangat senang mendapatkan kehormatan untuk mendampingi beliau dan saya banyak belajar dari beliau," ujarnya.