Dapat Dukungan dari Multi-etnik, RK: Ini Salah Satu Deklarasi Paling Mengharukan

22 tokoh multi-etnik deklarasi dukungan untuk pasangan cagub-cawagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil dan Suswono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Dukungan terhadap pasangan calon atau paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) dan Suswono terus bertambah. Kali ini, dukungan datang dari para tokoh yang tergabung dalam 22 multi-etnik di Jakarta.

Ada alasan kuat mengapa 22 multi-etnik di Jakarta mendukung dan mempercayai Jakarta dipimpin pasangan RK-Suswono. Salah satunya karena keduanya memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni. 

Sebelum maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024, RK pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan menjadi Gubernur Jawa Barat (Jabar). 

"Mereka (tokoh multi-etnik) kan lihat latar belakang orang. Perbandingkan antara (nomor urut) 01 dan 3, dua memang tidak dihitung. Yang ke-3 ini belum teruji, Rano Karno pernah jadi gubernur dua kali tapi mengecewakan Banten," kata salah satu perwakilan 22 tokoh multi-etnik Jakarta, Zainuddin atau Haji Odink dalam deklarasi dukungan terhadap RK-Suswono di Hotel Swiss Bell-in, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Oktober 2024. 

Ridwan Kamil-Suswono, Debat Pertama Pilkada DKI Jakarta 2024

Photo :
  • Tim Dokumentasi RIDO

Dia bilang pengalaman RK pernah jadi Wali Kota Bandung dua kali dan berhasil. Pun, saat jadi Gubernur Jabar juga berhasil.

"Kalau dia mencalonkan diri di Jawa Barat, ini menang mutlak. Nah kenapa dia ditaruh di Jakarta? Jakarta ini akan jadi kita baru, masa transisi dari DKI ke DKJ, kota global, kota pusat ekonomi nasional dan ada aglomerasi," jelas Odink. 

"Jadi harus ada orang yang punya pengalaman khusus dan kemampuan profesional," lanjutnya.

Mengenai hal itu, Haji Odink menyebut RK merupakan figur yang tepat untuk memimpin transisi Jakarta menjadi lebih maju.

"Untuk membuat kota baru ini menjadi kota maju, setara dengan kota-kota besar di dunia. Nah orang yang tepat untuk itu hanya RK," tuturnya.

Sementara, RK mengaku terharu atas dukungan dari Haji Odink dan tokoh multi etnik di Jakarta.

"Ini salah satu deklarasi yang paling mengharukan, paling membesarkan hati," tutur RK.

Dia menilai, dukungan itu merefleksikan identitas Jakarta sebagai kota yang menaungi beragam etnik dan suku di Indonesia.

"Mereka memahami bahwa Jakarta adalah Indonesia. Indonesia adalah Pancasila, ada sila ketiga persatuan," ucap RK.

Eks Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu memastikan, dirinya bersama Suswono jika terpilih nanti akan memimpin dan membuat program dengan adil bagi semua golongan.

"Karena ada pelestarian budaya, tidak hanya Betawi sebagai tuan rumah yang kita muliakan. Tapi juga menjadi rumah dari seluruh etnisitas yang menjadi ciri Indonesia," jelas RK.