Debat Perdana Pilgub Jatim, KPU Siapkan 6 Poin Kebutuhan Dasar Masyarakat!

Komisioner KPU Jatim Nur Salam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya, VIVA – Debat kandidat Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 perdana bakal digelar di Dyandra Convention Center Hall Surabaya pada Jumat, 18 Oktober 2024, malam. 6 poin disiapkan untuk didebat oleh para kandidat pada forum publik tersebut.

Seperti diketahui, Pilgub Jatim 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon). Yakni paslon nomor urut 1, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim; paslon nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak; dan paslon nomor urut 3, Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta.

Bertema Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Lokal untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur, debat publik kali ini akan menyuguhkan 6 poin bahan debat. “Sesuai tema besarnya, ada 6 poin,” kata Komisioner KPU Jatim Nur Salam, Kamis, 17 Oktober 2024.

Risma-Gus Hans mendaftar sebagai Cagub-Cawagub Jatim di KPU.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Semuanya terkait kebutuhan dasar masyarakat di Jatim, seperti pelayanan, kesejahteraan, pembangunan, dan lainnya. Keenam poin tersebut dirumuskan secara rinci oleh tim perumus yang sudah ditunjuk oleh KPU Jatim, yakni para panelis. “Itu nanti dirumuskan secara detail oleh tim perumus,” ujarnya.

Pada debat publik tersebut, KPU Jatim mengundang tujuh orang sebagai panelis yang terdiri dari berbagai keahlian. “Gambaran panelis sesuai regulasi ada tiga unsur. Satu, [dari unsur] tokoh masyarakat, kedua, [dari unsur] profesional dan [ketiga, dari unsur] akademisi,” tandas Salam.

Dia menjelaskan, format debat Pilgub Jatim kali ini akan berbeda dengan Pilgub Jatim periode sebelumnya. Sebab, jumlah kandidat pilkada kali ini sebanyak tiga paslon, berbeda dengan pilgub 2018 yang terdiri dari dua paslon. “Tunggu kejutannya nanti,” kata Salam.

Dia menambahkan, debat kandidat kali ini akan disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi dan radio. Tujuannya ialah agar bisa disimak oleh seluruh masyarakat se Jatim, terutama di kabupaten/kota. Stasiun radio juga digandeng agar mudah diakses oleh difabel.

Untuk diketahui, debat kandidat Pilgub Jatim 2024 akan digelar sebanyak tiga kali. Debat perdana digelar pada Jumat, 18 Oktober 2024. Sementara debat kandidat kedua akan digelar pada 3 November 2024. Sedangkan debat kandidat ketiga akan digelar pada 16 November 2024.