Disetujui DPR jadi Kepala BIN, Herindra Ungkap Pesan Prabowo Subianto

Herindra, Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Fit Proper Test di DPR
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Wakil Menteri Pertahanan RI, Letjen (Purn) TNI Muhammad Herindra menjelaskan pesan Presiden terpilih Prabowo Subianto, usai dirinya disetujui menjadi Kepala BIN atau Badan Intelijen Negara oleh DPR RI

Prabowo, ungkap Herindra, memintanya untuk terus berkolaborasi dengan seluruh pihak dalam rangka keutuhan bangsa. 

"Ya intinya kita harus berkolaborasi dari semua stakeholder ya. Intinya kita harus tetap menjaga keutuhan negara, Undang-Undang Dasar dan Pancasila, itu aja," kata Herindra usai menjalani fit and proper test calon Kepala BIN di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2024. 

Herindra, Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Fit Proper Test di DPR

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Diketahui, DPR menyetujui Herindra yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kepala BIN. Keputusan itu diambil setelah Herindra menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

"Hasil dari dari tim tersebut menyatakan Muhammad Herindra dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden," kata Ketua DPR RI, Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2024. 

Puan menjelaskan, rencananya DPR akan menggelar rapat paripurna pengesahan Herindra sebagai calon Kepala BIN pada Kamis besok, 17 Oktober 2024.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, Herindra kemungkinan dilantik menjadi Kepala BIN berbarengan dengan menteri Kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024. 

"Kalau keburu, mungkin pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21," kata Dasco.