Puan Sebut Mitra Komisi DPR Tunggu Prabowo Umumkan Kabinet

Rapat Paripurna DPR RI. (ilustrasi)
Sumber :
  • tvOne/Syifa Aulia

Jakarta, VIVA - DPR RI telah membentuk 13 komisi yang akan menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan tugas selama tahun mendatang. Namun, hingga kini belum diputuskan nama-nama pimpinan hingga kementerian/lembaga mana saja yang akan diawasi oleh 13 komisi tersebut.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan lembaganya masih menunggu pengumuman dari calon presiden terpilih yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024 untuk mengumumkan berapa jumlah kementerian dan kementerian apa saja.

Setelah itu, kata Puan, fraksi akan mengumumkan anggotanya yang ditempatkan di setiap komisi maupun AKD lainnya.  Anggota yang sudah berkumpul di satu komisi akan menentukan siapa pimpinannya termasuk mitra pemerintah.

Ilustrasi Rapat Paripurna di DPR.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Itu merupakan hak dari setiap pimpinan fraksi untuk mengumumkan siapa saja pimpinan di komisi-komisi tersebut. Jadi bukan hak dari pimpinan DPR untuk mengumumkan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. 

DPR mengesahkan pembentukan 13 komisi untuk periode 2024-2029. Jumlah itu bertambah dua komisi dari periode DPR RI sebelumnya. Pengesahan diputuskan pada Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani pada Selasa, 15 Oktober 2024.

“Daftar hadir pada permulaan rapat paripurna hari ini, telah ditandatangani oleh 364 orang, dan izin 10 orang, sehingga telah hadir 374 orang anggota,” kata Puan pada awal membuka sidang.

Puan berharap kuorum rapat ini bisa terus berlangsung pada paripurna-paripurna selanjutnya. Selain itu, turut hadir pula sejumlah Wakil Ketua DPR seperti Sufmi Dasco Ahmad, Saan Mustopa, Adies Kadir, dan Cucun Syamsurijal.