Pimpinan MPR RI Sampaikan Undangan Pelantikan ke Gibran

Gibran Rakabuming Raka Sambut Pimpinan MPR RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Muzani beserta jajarannya menemui Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka. Dalam kesempatan itu, Muzani menyampaikan undangan pengucapan sumpah dan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 pada 20 Oktober mendatang.

“Kami menyampaikan tentang persiapan hajat MPR untuk melaksanakan Sidang MPR, dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilihan Umum Presiden tahun 2024. Kami mengundang calon Wakil Presiden terpilih dalam hal ini Mas Gibran Rakabuming Raka, untuk hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Serta kami menyerahkan undangan kepada beliau untuk hadir dalam acara pelantikan tersebut,” ujar Muzani di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin, 14 Oktober 2024.

Pimpinan MPR RI temui Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Rahmat Ilham

Muzani menambahkan, undangan itu diterima langsung oleh Gibran dan menyatakan akan hadir pada agenda tersebut. Ia berharap, pelantikan nanti akan berjalan aman dan lancar.

Selain itu, Muzani juga memperkenalkan jajaran Pimpinan MPR terbaru kepada Gibran. Hal ini serupa dengan kunjungannya ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Kami juga memperkenalkan Pimpinan MPR hasil pemilihan umum tahun 2024-2029. Yang dilantik pada tanggal 3 Oktober 2024, yang Alhamdulillah keseluruhan dari Pimpinan MPR yang dilantik tanggal 3 Oktober keseluruhannya hadir. Dan Mas Gibran dalam perkenalan tersebut menyambut dengan baik, menyambut dengan suka cita, dan menyambut dengan kegembiraan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pelantikan Prabowo-Gibran akan dihelat pada 20 Oktober 2024, tepatnya pukul 10.00 WIB di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta. 

"Insya Allah, pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh. Kami akan mengundang kandidat presiden dan kandidat wakil presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 kemarin," kata Muzani di Gedung MPR RI, pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Muzani juga akan mengundang Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pelantikan itu. Kemudian, MPR RI juga akan mengundang calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Muzani juga akan mengundang sejumlah kepala negara lain untuk menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran. Meski demikian, Muzani masih enggan menjelaskan siapa saja kepala negara yang akan hadir.