Kehilangan Sosok Ayah, RK Ungkap Pesan Terakhir Prof Danisworo Jika Jadi Gubernur Jakarta

Cagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil saat menghadiri pemakaman Prof Danisworo (sumber: Tim Media RK-Suswono)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Calon gubernur Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil (RK) berduka atas wafatnya guru besar arsitektur dan desain kota, Prof Mohammad Danisworo. Mantan dosennya tersebut diakui RK sudah dianggap seperti ayah keduanya. 

"Saya sangat kehilangan karena Prof. Danisworo merupakan tokoh tata kota ternama. Beliau adalah ayah kedua saya, yang mengirim saya studi ke Amerika," kata Ridwan Kamil kepada wartawan, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Prof Danisworo kata RK sangat berjasa atas karirnya sebagai arsitek. Bagaimana tidak, RK menyebut Prof Danisworo merupakan sosok yang memilihkan dirinya universitas di Amerika Serikat (AS) sehingga bisa meraih gelar Master Urban Design dari University of California, Berkeley.

Menurut Ridwan Kamil, dukungan dari kedua tokoh ini diperlihatkan secara nyata dengan adanya

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

"Prof Danisworo banyak berjasa buat hidup saya. Saat saya kekurangan uang, yang memberi bantuan juga beliau. Prof Danisworo yang mendorong saya menjadi staf ahli Pak Sutiyoso sepulang dari Amerika Serikat. Secara karier, saya banyak dibimbing. Saya akan meneruskan cita-citanya bila nanti saya terpilih menjadi orang nomor satu di Jakarta," ungkapnya.

Eks gubernur Jawa Barat itu kemudian mengungkap pesan terakhir Prof Danisworo sebelum wafat. Prof Danisworo berpesan agar RK tak hanya fokus membangun gedung saat terpilih menjadi gubernur Jakarta.

RK diminta fokus untuk membangun warga dan komunitas-komunitas yang ada di Jakarta. Pesan itu kata RK akan dia jalankan jika memenangkan kontestasi Pilkada Jakarta 2024. 

"Kang Emil, kalau nanti jadi gubernur jangan hanya membangun gedung saja, tapi juga membangun warganya, membangun komunitas lainnya. Insyaallah pesan itu saya akan jalankan," tuturnya.

Cagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil di Kantor DPRD Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Oktober 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Sekedar informasi, Mohammad Danisworo menempuh pendidikan strata 1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan arsitektur. 

Kemudian, ia meneruskan studi tentang rancang kota di University of California, Berkeley dan memeroleh gelar doktoral Urban Environmental Planning dari University of Washington. Setelah menyelesaikan studi, Danisworo memulai karir profesionalnya di biro arsitektur Skidmore, Owing and Merril (SOM), Chicago.