Ridwan Kamil Santai Tak Didukung Amien Rais di Pilkada Jakarta: Demokrasi adalah Pilihan

Cagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil di kawasan Jakarta Timur, Jumat, 11 Oktober 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Calon gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil (RK) mengaku santai tak didukung Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024. 

Diketahui, Amien Rais telah melabuhkan dukungan terhadap pasangan cagub-cawagub Jakarta nomor urut 03, Pramono Anung-Rano Karno. Bahkan, Amien Rais mengaku siap turun langsung memenangkan paslon yang diusung PDIP itu. 

“Oh (dukungan itu) saya doakan lancar sukses karena demokrasi adalah pilihan. Suka tidak dipaksakan, tidak suka juga jangan dipaksakan,” kata RK kepada wartawan saat ditemui di kawasan Jakarta Timur, Jumat, 11 Oktober 2024.

Paslon cagub-cawagub Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono

Photo :
  • Youtube KPU DKI Jakarta

Mantan gubernur Jawa Barat itu kemudian menjelaskan, dalam setiap kompetisi tidak ada yang 100 persen menang maupun kalah. Pihaknya justru percaya diri masyarakat akan memilih pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di November mendatang.

“Yang penting, mudah-mudahan mayoritas memilih pasangan RIDO, salah satu motornya hari ini dimotori oleh Partai Buruh,” ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno menemui Ketua Majelis Syuro DPP Partai Ummat, Amien Rais dan jajaran pengurus Partai Ummat.

Dalam pertemuan tersebut, Amien Rais menyatakan pihaknya siap mendukung Pramono-Rano di Pilgub Jakarta. Bahkan, ia mengaku akan ikut turun ke lapangan mengampanyekan Pramono-Rano.

"Partai Ummat sudah (bergabung). Ikut kampanye saya nanti," ujar Amien Rais di Kantor DPP Partai Ummat, Jakarta Selatan pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Di sisi lain, Rano Karno mengaku bersyukur karena Amien Rais menyatakan siap memenangkan dia dan Pramono. Dukungan Amien Rais, menurut Rano, menambah semangat dalam perjalanan kampanyenya. 

Dengan kesediaan itu, Rano mengaku akan menyusun jadwal kegiatan kampanye yang nantinya melibatkan Amien Rais dan sayap partainya.

"Nanti di saat memang kampanye partai, Partai Ummat akan turun membantu juga di beberapa wilayah yang memang nanti kita petakan. Apalagi ditambah Pak Amien Rais mau ikut turun membantu kita berkampanye, wah jadi semakin meriah pesta Pilkada DKI," kata Rano.

Kemudian, Pramono juga merasa senang dan bersyukur karena mendapat dukungan dari Amien Rais. Pasalnya, Pramono mengaku sering mendapat kritikan dari Amin Rais saat menjadi pejabat di Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri hingga Jokowi.

Pramono yakin bisa memenangkan Pilgub Jakarta karena mendapat dukungan dari Partai Ummat. Sebab, melihat tren hasil survei pasangan calon Pilgub Jakarta, elektabilitas Pramono-Rano mulai menanjak, meskipun belum menempati urutan tertinggi.