Prabowo Akan Wawancarai Langsung Calon-calon Menterinya, Kata Elite Gerindra

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa calon presiden terpilih Prabowo Subianto bakal melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada semua calon menteri kabinetnya.

Bahkan, kata Dasco, Prabowo akan turun tangan langsung mewawancarai para kandidat pembantunya itu. 

"Nanti akan ada semacam fit and proper [test] walaupun sudah dilakukan oleh tim tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco di Kompleks parlemen, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2024.

Menhan Prabowo Subianto dan Mentan Amran Sulaiman.

Photo :
  • Istimewa.

Dasco menyebut fit and proper test itu adalah bagian profiling calon menteri, dan karenanya menteri kabinet yang terpilih merupakan figur yang kompeten, berkualitas, dan sesuai dengan bidangnya.

Prabowo Subianto telah mengingatkan kepada partai politik dalam koalisinya agar tidak menugaskan seorang menteri untuk mencari uang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Semua ketua umum, semua perwakilan, saya katakan, saudara-saudara jangan menugaskan menteri-menteri yang saudara tunjuk di pemerintahan yang akan saya pimpin, jangan saudara tugaskan untuk cari uang dari APBN," kata Prabowo saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Legislatif PKB di Jakarta, Kamis.
 
Ketua Umum Partai Gerindra itu mengingatkan bahwa saat ini zaman digital yang serba cepat sehingga partai politik diminta untuk tidak mencoba-coba mencari uang dari APBN.