Gibran soal Penyusunan Kabinet: Sudah Hampir 100 Persen

Gibran Rakabuming Raka Hadiri Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka mengaku turut terlibat dalam penyusunan struktur menteri di kabinet pemerintahan lima tahun mendatang. 

"Oh iya, pasti (ikut menyusun)," kata Gibran di SMAN 70, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Oktober 2024.

Eks Wali Kota Surakarta itu pun menjelaskan progres penyusunan struktur menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran sudah hampir 100 persen. "Sudah hampir 100 persen," ungkapnya. 

Sebelumnya, Presiden RI terpilih Prabowo Subianto, bakal langsung mengumumkan susunan nama menteri kabinet pada 20 Oktober 2024. Pada hari yang sama, Prabowo dan Gibran juga akan dilantik jadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. 

"Nama kabinet akan disampaikan oleh Pak Prabowo sendiri pada saat pengumuman nama-nama kabinet pada tanggal 20 nanti," kata Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024.

Gibran melempar salam saat berjalan di belakang Presiden terpilih Prabowo Subianto

Photo :
  • Tangkapan layar

Dasco mengatakan, pihaknya sedang fokus mempersiapkan acara pelantikan Presiden terpilih Prabowo dan Wapres terpilih Gibran, pada 20 Oktober 2024. Apalagi, banyak tamu-tamu negara termasuk para kepala negara lain.

"Karena di situ akan banyak tamu-tamu negara, kepala-kepala dari negara lain yang akan hadir. Itu kita fokus di situ, sehingga sedapat mungkin kelancaran dari pelantikan itu tidak akan tergantung oleh kegiatan-kegiatan yang tambahan maksudnya begitu," kata Dasco.