Istana Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo 20 Oktober 2024

Menteri Sekretaris Negara Pratikno
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA - Pihak Istana Negara memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menghadiri pelantikan Prabowo Subianto di MPR/DPR RI pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

"Insya Allah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan akan datang di pelantikan. So, pastilah Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Presiden Jokowi bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto

Photo :
  • Setpres

Pratikno menjelaskan dalam aturan kenegaraan, tidak ada kewajiban Jokowi datang pelantikan Prabowo di DPR. Namun, kehadiran Presiden di acara pelantikan Presiden terpilih sudah dilakukan sejak era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat Jokowi dilantik pada 2014 silam.

"Jadi kalau aturan enggak ada. Tapi kan selama ini juga hadir pada waktu tahun 2014, Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir. Jalan dulu masuk kemudian disusul oleh waktu itu Presiden terpilih Jokowi dan Pak Wapres terpilih Pak JK masuk. Terus biasa kan di depan seperti 2014 dulu, jadi ada Presiden dan Presiden terpilih, Wapres dan Wapres terpilih setelah pelantikan ganti posisi itu aja," kata dia.

Pratikno menambahkan bahwa Jokowi akan bertemu dengan Prabowo di DPR/MPR pada saat pelantikan. Setelah itu, Jokowi akan tiba terlebih dulu di Istana Merdeka untuk mempersiapkan acara pisah sambut dengan Prabowo.

"Nah, karena Pak Presiden nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi setelah pelantikan di DPR, rencananya Pak Presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka. Kemudian, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul. Acara pisah sambut," tutur dia.