Jokowi: Transisi Pemerintahan yang Mulus buat Jaga Stabilitas Ekonomi dan Politik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di BNI Investor Daily Summit 2024
Sumber :
  • Setpres

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pentingnya masa transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan mulus agar stabilitas ekonomi dan politik di Indonesia tetap terjaga.

"Transisi pemerintahan berjalan baik dan mulus itu penting untuk menjaga optimisme kita semua, untuk menjaga stabilitas, baik itu politik maupun ekonomi," kata Jokowi dalam pidato sambutannya pada acara BNI Investor Daily Summit di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Oktober 2024.

Ia membandingkan saat dirinya terpilih menjadi presiden pada 2014, yang memerlukan waktu 1 hingga 1,5 tahun untuk masa transisi pemerintahan. "Artinya 1-1,5 tahun waktu kita hilang" hanya untuk konsolidasi alih-alih untuk membangun, kata Jokowi.

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sisi lain, ia mengaku masa transisi pemerintahan ke periode 2024-2029 ini berjalan dengan baik. Jokowi mengingatkan bahwa Prabowo akan segera dilantik menggantikannya untuk memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan pada 20 Oktober.

"Dua belas hari lagi transisi kepemimpinan nasional akan terjadi. Tanggal 20 Oktober yang akan datang, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto akan dilantik sebagai presiden Republik Indonesia. Yang saya senang, sejak dia terpilih sebagai presiden, persiapan menuju pelantikan betul-betul secara rencana kerja, program, dan lain-lain, transisinya berjalan dengan baik," ujar Jokowi.

Jokowi pun menyebut calon presiden terpilih Prabowo Subianto selalu hadir dalam setiap rapat terbatas maupun rapat paripurna. Biasanya, kata Jokowi, Prabowo hadir dan membahas yang berkaitan dengan pertahanan negara. Namun, akhir-akhir ini Prabowo hadir dalam pembahasan semua isu.

"Hampir di setiap rapat paripurna, rapat terbatas apapun topiknya Pak Prabowo selalu hadir. Kalau sebelumnya hanya untuk urusan pertahanan tapi setelah jadi presiden terpilih di semua rapat terbatas, rapat paripurna selalu hadir sehingga rencana-rencana untuk program unggulan yang akan dilaksanakan oleh presiden Prabowo itu betul betul disiapkan dengan baik dengan menteri-menteri yang sekarang," ujarnya.