DPR Bakal Umumkan Jumlah Komisi Parlemen 2024-2029 Tanggal 14 Oktober

Gedung Nusantara DPR MPR RI
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut jumlah komisi final parlemen 2024-2029 rencananya diumumkan pada 14 Oktober 2024. Saat ini, kata Dasco, pihaknya masih rapat-rapat pimpinan mengenai itu.

“Jadi tanggal 14 itu kemungkinan kami adakan rapat dengan pimpinan-pimpinan fraksi, dan di situ kemudian kami akan sampaikan pertambahan komisi, kalau ada, dan pertambahan AKD (alat kelengkapan dewan) Yang jelas ada pertambahan AKD-nya itu Badan Aspirasi Rakyat,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2024.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Photo :
  • DPR RI

Sementara itu, Dasco menjelaskan bahwa masing-masing fraksi di DPR telah memetakan anggota untuk ditempatkan sebagai pimpinan AKD.

Sebelumnya, Dasco sempat menaksir jumlah komisi sebagai AKD DPR RI periode 2024-2029 akan berjumlah 12 hingga 13 komisi.

"Jadi kurang lebih itu kisaran antara 12 atau 13 (komisi) Itu juga belum diputuskan," kata Dasco, Jumat pekan lalu.

Pada kesempatan itu, Ketua Harian Partai Gerindra itu mengatakan pembentukan dan penyusunan komisi di DPR RI masih menunggu nomenklatur kementerian atau badan pemerintahan mendatang dibentuk.

"Mengingat bahwa kami juga belum dapat berapa banyak penambahan mitra kerja dari DPR yang akan dibentuk oleh pemerintah yang mendatang," imbuhnya.