Salah Satu Jurus Ridwan Kamil Atasi Macet: Bikin Riverway di 13 Sungai Jakarta

Calon Gubernur Ridwan Kamil, Debat Pertama Pilkada DKI Jakarta 2024
Sumber :
  • Tim Dokumentasi RIDO

Jakarta, VIVA – Pasangan cagub-cawagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil (RK)-Suswono berencana membuat program transportasi air atau riverway untuk mengatasi kemacetan di Jakarta.

Hal itu disampaikan RK saat ditanya soal strategi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024. RK menyebutkan, program riverway itu akan dibuat di 13 sungai Jakarta.

"Kita mungkin akan berinovasi membuat riverway atau perahu melintasi 13 sungai di Jakarta," kata RK dalam pemaparannya dalam debat perdana di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Oktober 2024.

Ridwan Kamil-Suswono, Debat Pertama Pilkada DKI Jakarta 2024

Photo :
  • Tim Dokumentasi RIDO

Eks gubernur Jawa Barat itu juga menyoroti transportasi umum MRT, LRT hingga Transjakarta. RK ingin memfasilitasi pergerakan transportasi umum tersebut.

"Mengatasi macet ada dua ideologi. Ideologi memfasilitasi pergerakan MRT, LRT, Transjakarta, busway dan lain sebagainya," tutur dia.

Tak hanya itu, RK juga mengatakan perlu perluasan flyover atau jembatan layang sebagai salah satu cara untuk mengatasi kemacetan. "Kemudian juga perluasan yang namanya perluasan flyover masih dibutuhkan secara reality," ujar Ridwan Kamil.