PAN Dapat 5 Kursi Menteri? Eko Patrio Singgung 3 Kali Pilpres Dukung Prabowo Subianto

Sekjen PAN Eko Patrio mendampingi Zulkifli Hasan. Ada Pasha dan Uya Kuya
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta, VIVA – Jelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, komposisi menteri kabinet mulai bermunculan. Partai Amanat Nasional atau PAN, salah satunya yang dikabarkan bakal mendapatkan 5 kursi menteri.

Menanggapi kabar itu, Sekjen PAN, Eko Hendro Purnomo, enggan berspekulasi lebih jauh soal jatah lima kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Politisi yang lebih akrab dikenal sebagai Eko Patrio itu, hanya menyebut kalau PAN yang sudah tiga kali pemilu presiden atau pilpres, mendukung Prabowo.

"Ya doain lah (dapat lima kursi) Doain, bismillah," kata Eko dikonfirmasi awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2024.

Pada Pilpres 2014, PAN adalah salah satu partai pengusung pasangan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa. Di Pilpres 2019 juga mengusung Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Di Pilpres 2024 lalu, mendukung Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Eko berharap PAN mendapat banyak kursi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024.

"Jadi buat saya kalau ditanya maunya semana, ya tentunya PAN berharap mendapatkan yang signifikan dengan hasil jerih payah yang kita lakukan terhadap Bapak Prabowo," imbuhnya. 

Namun, Eko mengatakan pembahasan mengenai menteri merupakan diskusi antara Ketum PAN Zulkifli Hasan dengan Prabowo. Dia menekankan jika pembahasan itu pun masih cair.

"Ya masih parsial aja. Masih cair tapi kalau untuk ngobrol itu sudah pasti, jadi artinya bahwa Pak Zul sebagai ketua partai politik ya dalam hal ini Ketum PAN sudah diajak ngobrol oleh Pak Prabowo," jelasnya.