Anggota DPR Fraksi Golkar Hadiri Pelantikan Kenakan Pakaian Ultraman

Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Jakarta, VIVA - Anggota DPR terpilih dari Fraksi Partai Golkar, Jamaludin Malik tampil nyentrik jelang pelantikan 580 anggota DPR periode 2024-2029. Dia muncul di kompleks parlemen dengan mengenakan pakaian superhero Ultraman

"Ya kan kita ciri khasnya waktu nyaleg kita pakai Ultraman. Ya, jadi nggak ninggalin ciri khasnya," kata Jamaludin ditemui awak media, Selasa, 1 Oktober 2024. 

Jamaludin mengaku, selain jadi ciri khas saat nyaleg, ia juga mengenakan pakaian Ultraman sebagai simbol menjadi wakil rakyat untuk membasmi kejahatan. Hanya saja, ia mengaku siap mencopot pakaian tersebut jika dinilai melanggar tata tertib DPR. "Karena kalau Ultraman itu membasmi kejahatan," kata Jamaludin.

Sumpah janji atau pelantikan Anggota DPR periode 2024-2029.

Photo :
  • Parlemen Tv

Diketahui, sebanyak 580 anggota DPR dan 152 anggota DPD Periode 2024-2029 dilantik pada hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024. Pelantikan dilakukan di gedung Nusantara atau Kura-kura, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. 

Dari adwal agenda yang diterima, acara pelantikan dimulai pada pukul 09.20 WIB. Rangakain dimulai dengan pengumuman Ketua KPU RI tentang anggota tertua dan termuda DPR, DPD. 

Setelah itu, Sekretaris Jenderal masing-masing lembaga akan mengumumkan pimpinan sementara DPR, DPD, MPR, yang diisi oleh anggota tertua dan termuda itu. Selanjutnya agenda masuk ke pengucapan sumpah/janji jabatan yang bakal dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung. 

Presiden RI Joko Widodo ditemani Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri pelantikan anggota DPR-DPD.