Arteria Dahlan Ceritakan Detik-detik Cucu Bung Karno Memohon Diberikan Kursi di DPR RI

Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan
Sumber :
  • YouTube DPR

Jakarta, VIVA – Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan, memutuskan mundur sebagai anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029. Posisi Arteria kemudian diberikan ke cucu Soekarno yang bernama Romy Soekarno.

Arteria menceritakan, bagaimana detik-detik Romy Soekarno mendatanginya untuk meminta kursi anggota DPR RI. Kata Arteria, duduk sebagai anggota DPR merupakan cita-cita Romy Soekarno.

"Saya menghargai Mas Romy, as a part of royal family, beliau mendatangi saya, memohon agar saya bisa membantu agar beliau bisa mewujudkan cita-citanya di hadapan Bu Mega dan Ibunda beliau Almarhumah Ibu Rahmawati. Dan itu hanya bisa diwujudkan kalau beliau duduk di DPR," kata Arteria kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 30 September 2024. 

Arteria memutuskan untuk membantu dan melepas posisinya sebagai caleg terpilih. Dia lantas menyebut, semua jabatan yang dia emban di DPR karena budi baik dari keluarga Bung Karno terutama di PDIP.

Maka dari itu, Arteria tidak keberatan jika harus melepas posisinya sebagai anggota DPR RI terpilih demi kehormatan dan kepentingan Romy Soekarno. 

"Seketika itu saya menjawab, "Insya Allah Mas, urusan dengan saya ndak masalah, saya akan tanda tangani surat pengunduran diri saya, wong saya bisa duduk di DPR ini karena budi baik keluarga besar Bung Karno, suatu kehormatan melayani mas, sebagai bagian dari Royal Family," tutur dia.