Cak Lontong Ajak Warga Bijak Gunakan Sosmed dan Kampanye Damai saat Pilkada

Ketua Tim Pemenangan pasangan Pramono Anung dan Rano Karno, Cak Lontong
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Ketua Tim Pemenangan pasangan Pramono Anung-Rano Karno, Lies Hartono alias Cak Lontong mengingatkan kepada seluruh masyarakat Jakarta agar bijak menggunakan sosial media (sosmed) untuk tidak menyebarkan hoaks Pilkada. Terutama, untuk masyarakat di luar pendukung pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno yang tidak bisa dia kontrol.

"Ini juga dibantu di semuanya, terutama di luar pendukung kami yang tentunya tidak bisa kami kontrol ya, kita mengharapkan masyarakat dewasa dalam menggunakan sosial media (tak sebarkan hoaks)," ujar Cak Lontong kepada wartawan di Jakarta Pusat, Selasa, 24 September 2024.

Adapun tujuan Cak Lontong mengimbau warga untuk tak menyebarkan hoaks agar terciptanya kedamaian dalam berkampanye. Mengingat, ketiga pasangan calon akan memasuki masa kampanye yang dimulai pada 25 September 2024.

"Kita juga mengimbau kepada seluruh pengguna sosial media, marilah kita bijak, mari kita bersama-sama untuk menciptakan kampanye damai," kata dia.

Cak Lontong.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati

Di sisi lain, Cak Lontong memastikan para pendukung pasangan calon Pramono-Rano tidak ada yang menyebarkan berita hoaks Pilkada. Ia menegaskan sudah memiliki konsep kampanye pasangan Pramono-Rano dengan riang gembira.

"Saya kira insyaAllah dari tim-tim kami harusnya tidak ada (sebar hoaks). Karena memang dari awal kita sudah mengkonsep bahwa kampanye yang akan kita lakukan adalah kampanye yang riang gembira, yang membuat semua bahagia," ujar dia.

Cak Lontong juga menilai semua pasangan calon yang akan berkompetisi di Pilgub Jakarta 2024 sudah berkomitmen untuk menjaga kedamaian kampanye dengan tidak melalukan pelanggaran.

"Saya kira selama semua paslon, berkomitmen dengan baik dan integritas kita diutamakan saya kira, tidak melakukan politik SARA, politik uang, politik identitas dan termasuk penyebaran berita hoaks itu," tutur Cak Lontong.

Diketahui, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Wahyu Dinata mengumumkan pasangan cagub dan cawagub di Pilkada Jakarta 2024. Sebanyak tiga pasangan calon nantinya berkontestasi dalam pilgub mendatang. 

Untuk ketiga paslon tersebut, yakni Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil (RK)-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.