Dukung Luluk-Lukman di Pilgub Jatim, Din Syamsuddin: Tak Aneh Tokoh Muhammadiyah Dukung Kader NU

Din Syamsuddin menyabut kedatangan bertamu pasangan calon Lukmanul Khakim dan Luluk Nur Hamidah di Pilgub Jatim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhamdiyah Din Syamsuddin mengaku dirinya sempat mengirimkan Short Message Service (SMS) kepada sejumlah tokoh Muhammadiyah terkait figur yang harus didukung di Pilgub Jawa Timur.

Din menceritakan ia mengirim pesan tersebut dengan menyelipkan pernyataan bahwa dirinya akan menerima pasangan calon Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim di rumahnya kawasan Jakarta Selatan.

"Tidak aneh kalau tokoh muhammadiyah mendukung kader NU. Saya SMS tokoh Muhammadiyah Jawa Timur tadi," kata Din, di rumahnya, Kamis 19 September 2024.

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Luluk Nur Hamidah (kiri) dan Lukmanul Khakim (kanan) berpose saat mendaftar di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 29 Agustus 2024.

Photo :
  • ANTARA/Rizal Hanafi

Dia mengatakan dalam pesan SMS itu, dirinya menulis dengan bahasa Jawa.

"Kira-kira bunyinya 'Di antara 3 wanita ini siapa yang kita didukung pada Pilgub Jawa Timur. Di bawahnya, sore ini insya Allah saya menerima kedatangan mbak Luluk dan mas Lukman," lanjut Din.

Din bilang ia sengaja menerima kedatangan pasangan Luluk-Lukman di rumahnya Kamis hari ini. Dia menuturkan caranya penerimaan tamu ini sebagai salah satu bentuk dukungannya kepada paslon dari PKB itu.

"Saya secara khusus dan bersengaja menerima kedatangan mbak Luluk dan mas Lukman dalam posisi sebagai cagub dan cawagub. Dan, oleh karena itu penerimaan ini sudah menunjukkan dukungan," ujar Din.

Diketahui, Luluk dan Lukman maju Pilgub Jatim 2024 dengan diusung oleh PKB. Keduanya memang merupakan kader PKB.