Ridwan Kamil Pamer Kontribusinya untuk Jakarta saat Jadi Penasihat Sutiyoso dan Fauzi

Bakal cagub Jakarta, Ridwan Kamil usai acara Deklarasi Relawan Jaringan Pelayan Masyarakat untuk RIDO, di Jakarta Utara, Senin, 16 September 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) memamerkan kontribusinya untuk pembangunan Jakarta saat dia menjadi penasihat dua gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso dan Fauzi Bowo.

"Ya, saya menjadi penasihat gubernur Pak Sutiyoso dua tahun terakhir beliau [menjabat], dan lima tahun full Pak Fauzi Bowo, sampai 2012, kalau gak salah; saya keburu jadi wali kota [Bandung]," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di kawasan Kemayoran, Jakarta, Senin, 16 September 2024. 

"Jadi, saya pernah digaji oleh Pak Sutiyoso, kira-kira begitu, ya; pernah digaji oleh Pak foke, lupa berapanya."

Heikal Safar ikut hadir saat RK sowan ke rumah Sutiyoso.

Photo :
  • Istimewa

Selama menjadi penasihat dua masing-masing gubernur itu, RK mengaku memiliki kontribusi untuk Jakarta, khususnya dalam bidang tata kota, termasuk soal tata kelola perumahan dan bangunan khususnya di wilayah hijau di Jakarta.

"Tugas saya dulu, tiap hari Kamis, saya datang ke Jakarta, memeriksa semua bangunan-bangunan yang mau dikasih IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Diperiksa ini bangunan hijaunya gimana, melanggar aturan apa tidak," katanya.

Mantan gubernur Jawa Barat itu mengaku memiliki peran dalam mempertahankan kearifan bentuk bangunan yang ada di kawasan Menteng.

"Saya banyak memberi kontribusi menyelamatkan kawasan Menteng dari desain-desain yang terlalu modern, sehingga merusak karakter bersejarahnya Menteng. Jadi, itu jejak saya," ujarnya.