Pramono Anung Bongkar Alasan Maju Pilgub Jakarta 2024

Pramono Anung-Rano Karno Daftar Cagub DKI di KPUD Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Dua politikus PDI Perjuangan (PDIP), Pramono Anung dan Rano Karno resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta 2024 di KPU DKI Jakarta. 

Pramono mengaku bersyukur dapat mendaftar sebagai pasangan bakal cagub-cawagub Jakarta yang pertama. Meskipun, kata dia, PDIP mengumumkan dan memberikan rekomendasi sangat mepet dengan waktu pendaftaran. 

“Walaupun putusannya terlambat, daftarnya paling cepat dan paling berani tarung,” kata Pramono dalam sambutannya di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024.

Pramono mengungkapkan, alasan dia ingin maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta. Menurut Pramono, dia dan Rano Karno terpanggil untuk memperbaiki dan membangun Jakarta menjadi lebih baik. 

Pramono Anung dan Rano Karno

Photo :
  • VIVA/Rahmat Ilham

“Padahal saya ini sudah kenyang banget menjadi anggota DPR empat kali, pernah menjadi pimpinan DPR di kabinet dua kali zaman Ibu (Megawati) menjadi Sekretaris Presiden dan Sekretaris Wakil Presiden, Wakil Sekjen, Sekjen Partai, sudah kenyang banget,” ujarnya.

"Saya terus terang terpanggil untuk bersama-sama dengan Bang Dul.bekerja dengan sungguh-sungguh dan juga mencoba untuk kalau diberikan izin dan diberikan kesempatan untuk memperbaiki dan membangun Jakarta," katanya. 

Adapun dalam kesempatan itu, Pramono Anung dan Rano Karno tampak menyerahkan dokumen pendaftaran syarat cagub-cawagub kepada Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata dan jajaran anggota KPU lainnya. Wahyu terlihat menerima dokumen persyaratan tersebut. 

Untuk diketahui, pendaftaran pasangan calon kepala daerah dibuka mulai 27-29 Agustus 2024. Untuk 27 dan 28 Agustus dari pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan pada 29 Agustus dari 08.00-23.59 WIB.

Sementara itu, KPU DKI Jakarta bakal melakukan penetapan pasangan calon pada 22 September 2024 dan dilanjutkan kampanye dimulai 25 September-23 November 2024.