Agus Gumiwang Dipilih jadi Plt Ketum Golkar Gantikan Airlangga

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, 13 Agustus 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Agus Gumiwang Kartasasmita, atau AGK ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar, menggantikan Airlangga Hartarto yang sebelumnya mengundurkan diri. Agus dipilih secara musyawarah dan mufakat, untuk memimpin Golkar hingga ke depannya.

Agus dalam penjelasannya mengatakan, dia akan mengantarkan Partai Golkar hingga digelar Rapimnas nanti.

"Bahwa dalam rapat pleno yang baru saja selesai secara musyawarah dan mufakat, saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar dan tugas utama saya sebagai Plt Ketua Umum Golkar adalah mengantarkan Golkar menuju Rapimnas dan Munas ke-11," ujar Agus Gumiwang, di DPP Golkar, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2024.

AGK saat ini adalah Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Dia juga memastikan, Partai Golkar tetap akan mendukung pemerintahan terpilih Prabowo-Gibran. Termasuk jelas dia, mempersiapkan Pilkada Serentak 2024.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto menyatakan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Walau pada Pemilu 2024 ini, suara Golkar naik signifikan. Dalam video yang diterima, Airlangga menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

Dia menjelaskan, untuk menjaga transisi pemerintahan yang tidak lama lagi akan terjadi, maka dia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua umum. Secara resmi, Airlangga mundu pada Sabtu malam 10 Agustus 2024.

"Saya Airlangga Hartarto setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirohmanirrohim serta atas petunjuk Tuhan yang maha besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebaga Ketua Umum DPP  Partai Golkar," jelas Airlangga, Minggu 11 Agustus 2024.