PKB Sebut Bakal Berkoalisi dengan Gerindra di Jakarta, Jabar dan Jateng

Ketua DPP PKB, Ahmad Iman Sukri (Kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ahmad Iman Sukri mengaku pihaknya berencana berkoalisi dengan Partai Gerindra di Pilkada Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Tengah (Jateng).

Sukri menjelaskan koalisi tersebut sekaligus untuk menunjukkan bahwa PKB bersinergi dengan Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto.

“Kemungkinan kita bareng pimpinan Gerindra di Pilkada DKI, termasuk Jawa Barat kita akan bareng dengan Gerindra,” ujar Sukri di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, dikutip Selasa, 13 Agustus 2024.

Logo parpol peserta Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Dok. VIVA

“Jadi ini untuk menunjukkan sinergi dengan presiden terpilih nanti. Kalau enggak salah Jawa Tengah juga. Tiga provinsi kalau enggak salah itu DKI, Jawa Barat, dan Jawa Tengah,” sambungnya.

Kendati demikian, Sukri belum bisa mengungkapkan nama-nama calon yang akan diusung PKB ke masyarakat. Ia hanya menyebut PKB akan segera mengumumkan nama-nama calon yang diusung dalam waktu dekat.

“Soal namanya belum muncul siapa definitif, nanti dalam waktu dekat akan disampaikan secara resmi,” jelasnya.

Sebagai informasi, Partai Gerindra bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengusung mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta 2024. Adapun anggota KIM yaitu Gerindra, Partai Demokrat, PSI, PAN, dan Partai Golkar.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Selain didukung KIM, kader Partai Golkar itu disinyalir juga akan didukung oleh PKB, Partai NasDem, dan PKS.

Kemudian di Pilkada Jabar, Gerindra dan KIM akan mengusung Dedi Mulyadi sebagai cagub. Di Pilkada Jateng, Gerindra dan KIM disebut akan mengusung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.