Golkar Sebut Parpol di Dalam dan Luar KIM Respons Positif RK Maju Pilgub Jakarta

Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F. Paulus
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta, VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengungkap rencana pencalonan Ridwan Kamil (RK) di Pilgub Jakarta 2024. Dia menyebut semua partai politik (parpol) di dalam dan luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) merespons positif rencana pencalonan Ridwan Kamil.

"Jadi kan prosesnya itu kan Golkar yang mem-propose nih sekarang, mem-propose nama Ridwan Kamil ke Jakarta, ke semua partai politik, baik yang ada di Koalisi Indonesia Maju maupun yang di luar Koalisi Indonesia Maju," kata Doli kepada wartawan di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2024.

"Nah Alhamdulillah semua yang berada di Koalisi Indonesia Maju menerima dan juga begitu di luar yang Koalisi Indonesia Maju merespons secara positif," sambungnya.

Anies Baswedan (kanan) dan Ridwan Kamil (kiri)

Photo :
  • Instagram @aniesbaswedan

Saat ini, Doli menyebut rencana pencalonan Ridwan Kamil sedang dimatangkan lebih lanjut. Dia pun berharap ada tambahan dukungan dari parpol di luar KIM untuk pencalonan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta. 

"Mudah-mudahan nanti jadi proposalnya KIM, ditambah juga nanti oleh teman-teman partai politik yang lain," kata Doli. 

Setelah pencalonan Ridwan Kamil diputuskan bersama, barulah kata Doli, KIM akan memikirkan sosok calon wakil yang akan mendampingi maju di Pilgub Jakarta.

"Nah baru nanti setelah diputuskan secara bersama, oke fix misalnya mereka menerima Ridwan Kamil sebagai calon kepala daerah, baru kita bicara sama-sama siapa yang akan menjadi calon wakil kepala daerahnya," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F Paulus membenarkan partainya mengusung Dedi Mulyadi untuk maju di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024. Sementara sosok Ridwan Kamil (RK) kemungkinan akan diusung maju di Pilgub Jakarta.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus (tengah), Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia (dua kanan), di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2024, jumpa pers mengumumkan nama-nama pasangan calon yang didukung untuk Pilkada 2024 di 10 provinsi.

Photo :
  • ANTARA/Asprilla Dwi Adha

"Pak Dedi di sana (Jawa Barat), berarti otw RK (ke Jakarta) jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya, gimana?" ucap Lodewijk kepada wartawan, dikutip Sabtu, 3 Agustus 2024.

Saat ditanya kapan Golkar mengumumkan Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilgub Jakarta 2024, Lodewijk menyebut pengumuman dilakukan jelang pendaftaran. Adapun pendaftaran paslon di Pilkada 2024 dimulai pada 27 Agustus 2024.

"Yang jelas tanggal 27 Agustus sudah pengumuman, ya berarti udah pasti (RK di Jakarta), berati sebelum tanggal 27," ucapnya.