Eman Suherman Moncer di Survei Indikator, Harapan untuk jadi Pemimpin Baru Majalengka

Bakal calon Bupati Majalengka Eman Suherman.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis temuan terbarunya terkait Pilkada Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Temuan Indikator melaporkan Eman Suherman jadi bakal calon bupati dengan elektabilitas tertinggi.

Menurut survei Indikator yang dilakukan periode 5-11 Juli 2024, Eman berada di urutan pertama dengan elektabilitas 37,4 persen. Sementara, petahana yang juga eks Bupati Majalengka Karna Sobahi dapat elektabilitas  28,7 persen.

“Eman Suherman 37,4%, paling banyak dipilih, kemudian Karna Sobahi 28,7%. Nama lain jauh lebih rendah,” demikian keterangan Indikator Politik dalam rilis hasil survei dikutip pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Menanggapi itu, pengamat politik Citra Institute, Efriza menganalisa elektabilitas Eman melesat mengungguli para pesaingnya. Dia menilai dinamika itu memperlihatkan figur Eman diharapkan masyarakat Majalengka untuk jadi pemimpin selanjutnya.

"Ini menunjukkan Eman telah melesat bak meteor dalam segi elektabilitas," kata Efriza.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Temuan survei Indikator juga memotret bahwa Eman dipilih lantaran perhatian penuh terhadap rakyat. Di dalam survei, Eman dinilai sebagai pemimpin yang penuh perhatian kepada rakyat dengan total suara 15,7 persen.

Selain itu, versi survei Indikator, figur Eman juga dinilai sebagai pemimpin yang bersih dan anti korupsi. 

Maka itu, Efriza yakin Eman bisa menjadi harapan dan figur pemimpin baru untuk warga Majalengka. Faktor Eman yang memiliki perhatian pada rakyat serta bersih jadi keunggulan Eman dibandingkan kandidat lainnya. "Ia figur baru yang memang diharapkan masyarakat menjadi pemimpin baru untuk Majalengka," ujar Efriza.