Resmi Duet di Pilpres, Ganjar-Mahfud MD Bakal Ziarah ke Makam Bung Karno

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pasangan bakal calon presiden dari PDIP, yaitu Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden, Mahfud MD akan melakukan ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, pada Jumat, 3 November 2023. Hal itu dilakukan setelah resmi sebagai pasangan capres-cawapres pada Pemilu 2024 mendatang.

Tak hanya Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri pun akan berziarah ke makam sang ayah.

"Jadi, setelah mengumumkan Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD, mendapatkan dukungan luas di masyarakat apa yang diemban Bu Mega itu betul-betul untuk bangsa dan negara," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 2 November 2023.

"Ibu Megawati Soekarnoputri beserta keluarga dan juga pak Ganjar pak Prof Mahfud MD akan berziarah ke makam bung Karno di Blitar. Aspek spiritualitas inilah yang besok akan dilakukan," ujarnya.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Hasto, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang tegas, dan menegakkan seluruh aspek keadilan. Serta, kata dia, pemimpin yang mengabdi untuk kepentingan negara, bukan kepentingan pribadi.

"Untuk rakyat Indonesia kita memerlukan pemimpin yang berpengalaman, pemimpin yang bersih, pemimpin yang memiliki dukungan keluarga yang baik dan pemimpin yang menegakkan keadilan dalam seluruh aspek kehidupan. Pemimpin yang mempersembahkan seluruh kekuasaan bagi bangsa dan negara, bukan pribadi," kata Hasto.

Hal tersebut, kata Hasto, merupakan sifat kepemimpinan yang dimiliki oleh Bung Karno pada era kejayaannya. Oleh sebab itu, Ganjar dan Mahfud MD diharapkan dapat meneruskan perjuangan Bung Karno di masa yang akan datang.

"Ini sebagai suatu, tidak hanya penghormatan terhadap bapak proklamator bapak bangsa Indonesia, tapi juga untuk memulai segala sesuatunya seperti bung Karno," katanya.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden RI 2024 ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Sementara Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan seluruh dokumen persyaratan Ganjar dan Mahfud telah diinput sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Megawati optimis, Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD adalah pemimpin Indonesia ke depannya. Megawati juga diawal sempat menyinggung persoalan KKN dan masalah hukum. Sehingga masuknya Mahfud MD, dianggap mampu mengatasi itu.

“Kami telah bersama-sama menyepakati mengusung Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dan Prof Mahfud MD sebagai calon wakil presiden. Kai tentunya mohon doa seluruh rakyat Indonesia terhadap pasangan Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD,” ujarnya.