AHY Bakal Umumkan Sikap Demokrat Soal Koalisi Pilpres pada 21 September 2023

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Kediaman Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/ Natania

Jakarta - Kepala Bakomstra Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyatakan, keputusan Demokrat untuk bergabung dengan koalisi atau kerja sama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan diputuskan pada Kamis, 21 September 2023.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat pada sore hari ini.

"Untuk keputusan resmi Demokrat bergabung dengan koalisi atau kerja sama untuk Pilpres 2024, akan disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, pada Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023," kata Herzaky dalam keterangan Minggu, 17 September 2023.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Herzaky mengatakan, pertemuan SBY dan AHY dengan bacapres Prabowo pada sore hari ini merupakan silaturahmi kebangsaan. "Agenda hari ini adalah silaturahmi kebangsaan bersama Presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Daulay mengungkapkan bahwa ketua umum (ketum) partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan berkumpul di kediaman Prabowo Subianto, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 17 September 2023.

Para ketua umum parpol itu berkumpul lantaran adanya kabar akan bergabungnya Partai Demokrat ke dalam koalisi untuk menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto maju di Pemilu 2024 mendatang.

"Insya Allah sepertinya Partai Demokrat akan bergabung dengan KIM," kata Saleh Daulay, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu, 17 September 2023.

Di sisi lain, Saleh mengaku bersyukur bahwa pimpinan partai Demokrat, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu bakal mendukung Prabowo. Ia pun meyakini, dukungan itu akan memperkuat Prabowo Subianto dalam gelaran Pilpres 2024. "Alhamdulillah, bisa memperkuat komposisi dan dukungan parpol di KIM," ujarnya.