Faizal Assegaf Murka Bukan Main karena Merasa Dibohongi Erick Thohir

Faizal Assegaf di Mabes Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

VIVA Politik - Faizal Assegaf bersama kuasa hukumnya Abu Bakar Refra mendatangi gedung Bareskrim Polri terkait laporan yang dilayangkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Faizal sebelumnya disebut dilaporkan Erick gegara unggahannya di akun media sosialnya.

Faizal tak terima karena merasa dibohongi Erick Thohir. Dia mengaku sudah mendatangi Mabes Polri untuk mengecek kebenaran laporan tersebut. Ternyata, tak ada laporan yang dilayangkan pihak Erick Thohir terhadapnya.

"Saya ngecek dan saya mendapatkan bukti Erick Thohir dan pengacaranya melakukan kebohongan, mereka ngomong mereka sudah laporkan saya, mana? Tidak ada. Tidak ada laporan dan setelah saya cek kedalam, mereka telah melakukan kebohongan kepada saya dan rakyat Indonesia. Mereka hanya isi daftar tamu, mereka tidak datang ke sini," kata Faizal di Gedung Mabes Polri, Senin 29 Agustus 2022. 

Faizal Assegaf di Mabes Polri.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Faizal yang geram pun melontarkan umpatan kasar yang ditujukan ke Erick. Dia juga merasa telah difitnah oleh Erick.

Dia menegaskan, dirinya tak mengedit sedikitpun video yang diunggahnya. Video tersebut sudah beredar di berbagai grup WA dan di ruang publik.

"Saya tidak menambah apapun di video itu. Video itu beredar di grup UI Universitas Indonesia, tokoh-tokoh nasional, ruang publik," ujar Faizal.

Faizal mengatakan, terkait video di akunnya, ia hanya mengunggah ulang video tersebut. Sebab, video tersebut sudah beredar di seluruh grup WhatsApp. 

Menurutnya, tujua dia mengunggah video itu hanya bermaksud mempertanyakan apakah konten tersebut hoaks atau sebuah kegagalpahaman.

"Saya sudah tegaskan itu video yang diedit beredar di seluruh grup WA, saya bertanya ini hoaks atau gagal paham? Kenapa saya dibully di berbagai media dengan mengatakan saya melakukan fitnah," tuturnya.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. AMSI
 

Sebelumnya, Erick Thohir melaporkan Faizal Assegaf ke Mabes Polri pada Jumat sore 26 Agustus 2022. Laporan itu disampaikan tim kuasa hukum Erick yakni Ifdhal Kasim, Mahmuddin, dan Jamalul Kamal Farza. Mereka ngaku telah ditunjuk sebagai penerima kuasa dari Erick. Ifdhal menyebut Faizal sudah melakukan fitnah keji terhadap Erick Thohir. 

"Di akun Instagram, Faizal mengunggah video ucapan dari pengacara Kamaruddin H. Simanjuntak SH yang berisi tudingan terhadap Dirut Taspen yang menurutnya mengelola dana Capres Rp300 triliun," kata Ifdhal di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat 26 Agustus 2022

Ifdhal mengatakan unggahan Faizal itu secara spesifik membuat tuduhan yang sangat serius terhadap Erick.

Ifdhal menyampaikan memang dalam video tersebut Kamaruddin tak menyebutkan nama Erick Thohir. Tapi, Faizal diduga menambahkan narasi di video itu dengan tulisan berisi fitnah kepada Erick.