Fadli Zon Unggah Foto Epik Habib Bahar Bareng Puluhan Napi Bertato

Sumber :

VIVA – Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Fadli Zon menggunggah sebuah foto pendakwah Habib Bahar bin Smith di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor. Dalam foto itu, terdapat Habib Bahar dengan puluhan narapidana.

Fadli menyebut foto itu epik. Sebab, Habib Bahar dikelilingi sejumlah narapidana bertato yang menjadi muridnya.

"Ini foto epik. Habib Bahar Smith bersama murid-muridnya di Lapas Cibinong, Bogor. Diambil dr photo booth Lapas, foto oleh salah seorang napi," demikian cuitan Fadli di akun Twitternya, @fadlizon yang dikutip pada Senin, 27 April 2020.

Di foto itu, terdapat lebih dari 20 napi bertato. Uniknya, puluhan napi itu mengenakan peci dan sarung. Pun, Habib Bahar yang tampak jongkok ada di barisan terdepan dan dikelilingi para napi tersebut. Menurut Fadli, seorang napi yang mengambil gambar foto tersebut.

Baik Fadli dan Habib Bahar memiliki kedekatan. Fadli yang juga anggota DPR itu beberapa kali membesuk Bahar di lapas. 

Habib Bahar menjadi terpidana kasus penganiayaan remaja. Penceramah berambut gondrong itu divonis tiga tahun penjara karena terbukti melakukan penganiayaan.

Dalam menjalani proses pidananya, Habib Bahar sempat ditahan di Rutan Mapolda Jawa Barat. Ia dipindahkan ke Lapas Pondok Rajeg, Cibinong sejak 7 Agustus 2019.

Pihak Lapas Pondok Rajeg sempat menawarinya untuk bebas dari bui terkait pandemi Corona Covid-19. Bahar masuk syarat pembebasan karena sudah menjalani 2/3 masa hukumannya.

Namun, Bahar menurut tim kuasa hukumnya menolak bebas karena lebih memilih untuk mengajarkan agama terhadap para napi di Lapas Pondok Rajeg.