RI Sudah Bertindak untuk Rohingya, Publik Jangan Sebar Hoaks

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laolly mengatakan, Pemerintah Indonesia telah memberikan perhatian besar kepada masalah warga etnis Rohingya di Myanmar.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia sudah mengupayakan yang terbaik bagi penyelesaian masalah kemanusiaan itu. Bahkan Presiden Joko Widodo memerintahkan langsung Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bertindak berdasarkan hukum internasional agar membantu menghentikan kekerasan di sana.

“Yang jelas Pak Presiden sudah memerintahkan Menlu (Menteri Luar Negeri). Kita jauh sebelum ini juga sudah memberikan perhatian, bahkan membangun sekolah ada bantuan dan lain-lain,” kata Yasonna usai menghadiri forum Asean Symposium of Criminology di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, pada Senin 4 September 2017.

Yasonna kembali menegaskan, kini yang dibutuhkan warga Rohingnya lebih dari sekedar bicara namun bukti nyata pergerakan bantuan. “Bukan sekadar kecaman tapi action (aksi) karena persoalannya sangat menyedihkan sekali, dan jangan menyebarkan hoaks; ada beberapa data yang disampaikan di situ bukan data sebenarnya, jangan memperkeruh suasana,” ujarnya menegaskan. (mus)