Mega Dorong Pengesahan UU Anti Kejahatan Seksual

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP), Megawati Soekarnoputri mendorong agar Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual segera disahkan.

"Kalau menurut saya, rekomendasi saya. Kalau urusan tadi, kan agar ini segera. Nah saya sudah punya jalan. Presiden sudah bilang mau dibikin Perppu. Tugas pak Laoly," kata Megawati Soekarnoputri saat memberikan pidato kebudayaan di acara deklarasi Indonesia Melawan Kejahatan Seksual #Sahkan UU Penghapusan Kekerasan Seksual di Rumah Kuliner, Komplek Metropol Megaria, Jalan Pegangsaan nomor 21, Jakarta Pusat, Kamis 12 Mei 2016.

Presiden Republik Indonesia Ke-5 ini juga menyatakan, kasus-kasus kekerasan seksual yang terjadi, sudah memasuki kategori sangat berbahaya.

"Saya diberitahu oleh ibu Rieke Diah Pitaloka, dari forum pengadaan layanan dan Komnas Perempuan dan lain sebagainya ingin menyatupadukan pikiran dan persepsi mengenai hal-hal yang tadi kita dengarkan yaitu kekerasan seksual yang hari hari ini banyak terjadi. Dan menurut saya adalah sebuah hal yang masuk ke dalam kategori sangat berbahaya dan perlu untuk ditelaah dengan baik," katanya.

Megawati juga mendorong para perempuan Indonesia untuk mengawasi implementasi UU tersebut jika sudah disahkan oleh DPR RI bersama pemerintah.

"Sebenarnya implementasinya mau bagaimana. Nah, saya tantang. Karena saya kalau ketua umum gampang, secara organisatoris saya akan bilang kepada perempuan yang ada di partai kami. Ini bagaimana menjaganya."

(mus)