Ini Strategi Promosi Wisata RI ke Negara Asia
- Biro Pers Presiden-Setpres
VIVA.co.id – Kementerian Pariwisata semakin gencar melakukan branding dan promosi ke berbagai negara, khususnya Asia. Bahkan, tahun ini kementerian yang dikomandoi Arief Yahya mulai menggarap promosi ke kota lapis kedua di negara Asia.
"Baru tahun ini, kami melakukan promosi dan branding ke secondary city. Mereka selama ini belum paham tentang Indonesia, seperti apa dan bagaimana ke sana nanti. Kami mengenalkan mereka bahwa Indonesia adalah negara tetangga yang meiliki begitu banyak destinasi utama wisata," kata Kepala Bidang Pameran Khusus dan Meetings Incentives Conferences and Exhibitions Kementerian Pariwisata, Titik Wahyuni di sela acara Air Asia Travel, di Malaysia, kepada VIVA.co.id, Sabtu 7 Mei 2016.
Dia menjelaskan, hasil langsung dalam jangka pendek mungkin tidak signifikan. Tetapi, ia menilai, akan sangat menjanjikan dalam jangka panjang.
Saat ini, tim Kementerian Pariwisata ikut berpartisipasi dalam Air Asia Travel 2016 dilakukan pada 7-8 Mei 2016 di East Mall Plaza, Tawau, Malaysia.
Dia menjelaskan, untuk acara yang berlangsung selama dua hari ini, pihaknya telah menyiapkan berbagai aktivitas yang menarik. Di antaranya, menikmati counter kopi dan teh, digital interaktif (virtual reality), serta penampilan seni budaya dari Tim Wonderful Indonesia.
Adapun, dalam acara yang bertujuan untuk branding dan promosi, Kemenpar menawarkan keragaman Indonesia, seperti pantai di Bali, menikmati warisan budaya yang termasuk dalam situs warisan budaya UNESCO, yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa.
Selain itu, menyelam menikmati indahnya bawah laut yang belum terjamah di Raja Ampat, belanja dengan harga yang istimewa di Jakarta dan Bandung, bermain golf yang menantang dengan harga yang terjangkau, namun berkelas internasional, spa yang mengagumkan dengan perawatan kesehatan, dan kecantikan secara tradisional. (asp)