Hari ini Retreat Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran di Akmil Magelang Dimulai

Menteri Kabinet Merah Putih memasuki Akmil Magelang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jakarta, VIVA – Presiden Prabowo Subianto, hari ini memulai untuk retreat Kabinet Merah Putih, di Akademi Militer atau Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat, 25 Oktober 2024. Selain pembekalan, Prabowo juga akan memberikan koordinasi kepada para menterinya. 

Retreat ini diinisiasi oleh Presiden Prabowo Subianto, sebagai upaya untuk membentuk kerja sama dan koordinasi yang baik diantara para menteri dalam mencapai target kerja pemerintahan ke depan. Rencana giat tersebut akan berlangsung hingga Minggu, 27 Oktober 2024. 

"Presiden Prabowo dijadwalkan membuka langsung Retreat Kabinet Merah Putih. Para menteri Kabinet Merah Putih juga akan menerima pembekalan sejumlah materi," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, dikutip Jumat 25 Oktober 2024. 

Diketahui, Presiden Prabowo dan para menteri sudah berada di Jawa Tengah, sejak Kamis, 24 Oktober 2024 petang. Setibanya di Akademi Militer, Presiden Prabowo disambut jajar kehormatan prajurit dan diiringi marching band khas taruna Akademi Militer. 

Setelah prosesi penyambutan, Presiden melanjutkan perjalanan ke Borobudur International Golf, yang terletak di kawasan Akademi Militer, dengan menggunakan golf car. Presiden Prabowo dan jajaran Kabinet Merah Putih pun bermalam di kawasan Akmil.

Sebelumnya, Presiden Prabowo mengatakan bakal mengajak para Menteri Kabinet Merah Putih ke Magelang untuk melaksanakan beberapa hari pembekalan dan koordinasi-koordinasi di kawasan Akademi Militer.

Prabowo menilai hal itu akan membawa banyak manfaat. Ia menyebut Indonesia lahir dengan perjuangan semangat proklamasi. Maka itu, ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik.

“Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan; tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro. Di antara lima gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta Tanah Air,” kata Prabowo saat Sidang Kabinet Paripurna pertama di Kantor Presiden pada Rabu, 23 Oktober 2024.