Kabar Baik! Mendikdasmen Kasih Bocoran Ada Peningkatan Gaji Guru di 2025

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti menyampaikan bocoran terkait peningkatan gaji dan kesejahteraan guru di tahun 2025.

"Kita ingin peningkatan kesejahteraan ini berkorelasi dengan peningkatan kualitas pendidikan. Harapannya, ketika kesejahteraan guru meningkat dapat diikuti dengan semangat mendidik yang meningkat. Dengan guru yang berkualitas, maka proses dan hasil pembelajaran pun akan berkualitas,” kata Abdul Mu'ti, pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Menko Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Mengenai pendidikan vokasi, Mendikdasmen mengatakan bahwa pendidikan vokasi akan lebih dikembangkan ke arah pendidikan teknologi yang tinggi, namun tetap berbasis pada kekayaan alam Indonesia.

Ilustrasi guru dan murid di sekolah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

“Selain untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para murid SMK, kita juga bisa berkolaborasi dengan mitra-mitra perusahaan dan UMKM yang memiliki usaha tertentu untuk pemanfaatan potensi lokal kita yang kaya," ujarnya.

Selain itu, Mendikdasmen mengungkapkan komitmennya untuk menjadikan kantor kementerian sebagai rumah pendidikan dan layanan publik yang RAMAH, yaitu Responsif, Akuntabel, Melayani, Adaptif, dan Harmonis.

Untuk itu, berbagai isu dan kebijakan yang telah didiskusikan akan dibahas lebih lanjut guna menjawab tantangan dan kebutuhan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia.